Mahasiswa KKN Kelompok 80, Gelar Semarak Lomba Tahun Baru Islam di Masjid Al Muhajirin Sumber Asri

Aida Diva Rafani, salah satu peserta gebyar Tahun Baru Islam 1445 H, tengah mengikuti lomba hapalan surat juz 30 dan sambung ayat, dengan Juri Ustadz Syamsudin Saeful Razak, Si, MA  dan Ustadz Samsul Ma'arip, S.Pd.



CIREBON, FC - Mahasiswa KKN Mandiri Kelompok 80 IAIN Syekh Nurjati Cirebon di Kampung Sumber Asri, Desa Kecomberan, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon sukses menggelar berbagai perlombaan dalam rangka memperingati 1 Muharam 1445 H, Minggu, (16/7/2023)

Tampak terlihat anak usia dini, hingga remaja tumpah ruah di serambi masjid Al Muhajirin untuk  turut meramaikan kegiatan, dengan mendaftarkan diri sebagai peserta pada lomba-lomba yang digelar panitia dari mahasiswa KKN.

Evi Sugiarti, mahasiswa KKN Kelompok 80 mengaku, kepanitiaan 1 Muharam ini sebagai wujud nyata mahasiswa dalam melaksanakan KKN di masyarakat dan ini akan kita lakukan bukan saja di program kemasjidan tetapi juga program sosial atau kemasyarakatan lainnya.

 "Ya, kami para mahasiswa IAIN Cirebon  tengah melaksanakan tugas Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat," terangnya.

Hal senada juga diungkapkan mahasiswa KKN Kelompok 80 lainnya, Hikmani Maulida dan Putri, bahwa kegiatan KKN di kampung Sumber Asri RW 05 Desa Kecomberan ini tentu menjadi tantangan tersendiri yang harus dijalankan karena akan menghadapi banyak hal di masyarakat. 

"Intinya, kami dan rekan-rekan mahasiswa KKN Kelompok 80 siap menjalankan tugas KKN ini dengan penuh tanggungjawab dan dilaksanakan sebaik mungkin. Karena hasil-hasil dari KKN ini akan memberikan nilai positif bagi kami kelak ketika kami benar-benar berada di tengah masyarakat," tutur Hikmani dan Putri yang dibenarkan oleh rekannya, Bella dan mahasiswa KKN lainnya. 

Sementara itu, kegiatan memperingati tahun baru Islam 1445 H di Masjid Al Muhajirin Sumber Asri tersebut, digelar beberapa perlombaan, seperti lomba adzan, lomba mewarnai, lomba hapalan surat pendek, lomba sambung ayat dan jenis lomba lainnya. 

Habib dan Denis mahasiswa KKN lainnya  juga menyatakan, selain memperingati tahun baru Islam, mahasiswa KKN Kelompok 80 juga akan mengadakan sejumlah  kegiatan lainnya di Kampung Sumber Asri. 

"Sebentar lagi kita akan memasuki Hari Kemerdekaan RI, yakni 17 Agustusan, dan bulan tersebut tentu menjadi momentum nasional yang diperingati oleh semua daerah di nusantara. Tak terkecuali di Kampung Sumber Asri  juga akan digelar beberapa perlombaan hingga pada malam puncak nanti," katanya saat bersama Ketua KKN  Kelompok 80, Ro'sin.


Sementara itu, Ketua DKM Al Muhajirin, Gaos Asy'ari S.Ag mengucapkan rasa terimakasihnya atas kepedulian dan kerjasama yang diberikan para mahasiswa KKN Mandiri Kelompok 80 di Kampung Sumber Asri.

Menurut Gaos Asy'ari, keterlibatan mahasiswa yang tengah menjalankan KKN ini, adalah sebagai bentuk dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian kepada masyarakat. Tentu ini akan memberikan nilai positif kepada mereka pasca mereka menuntaskan seluruh rangkaian pengabdiannya di program KKN ini.

"Program keterisian masjid ini sesungguhnya sangat banyak, namun kami melaksanakannya sesuai regulasi yang sudah kami rancang dan diserahkan kepada masing-masing bidang, sehingga dalam program setahun ke depan ini, sudah banyak yang dilakukan," ujarnya. 

Program.kwguatan yang dimaksud kata Gaos Asy'ari di antaranya, kegiatan Ratiban Al Haddad, Yasinan, Marhabanan, Kajian Subuh, kegiatan Hari Besar Islam (PHBI), pembacaan satu hari satu hadits, penyembelihan hewan qurban (idul adha) dan masih banyak lagi program lainnya.


Maka dengan adanya mahasiswa KKN ini, tentu keterisian masjid semakin terbantu dan keterlibatan mereka diberbagai program kemasjidan. Termasuk turut membantu pada salah satu program ekonomi berbasis masjid bernama Gerai La Tahzan yang saat ini tengah terus dikembangkan kemajuannya.

"Mudah-mudahan, program kemasjidan lainnya bisa dilaksanakan bersamaan dengan adanya mahasiswa KKN ini. Karena memang ini sesuai dengan tema besar KKN mereka yakni 'Belajar Bersama Masyarakat Berbasis Masjid', ungkap Gaos Asy'ari didampingi Wakil Ketua DKM Masjid Al Muhajirin Sumber Ari. (Nur)

Terkini