Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Ajak Peserta Workshop Lakukan Revolusi Pembelajaran


CIREBON - Workshop pengembangan kapasitas dosen dalam program Pengabdian Kepada Masyarakat, IAIN SNJ Cirebon, yang merupakan rangkaian kegiatan Sabbatical Leave 2019, mendatangkan Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof Dr Azis Farurrozi MA sebagai pembicara pada acara tersebut.
Kegiatan yang bertemakan “Mencetak Kader PKM untuk Pemberdayaan Masyarakat” ini, digelar di Hotel Prima Kota Cirebon, Rabu (6/11/2019). Dan guru besar UIN ini mengajak seluruh peserta workshop untuj melakukan revolusi pembelajaran.
Prof Dr Azis Farurrozi MA juga meminta, IAIN Syekh Nurjati Cirebon sebagai PTKIN, harus mengimplementasikan isi  Alquran dan Hadist. Kenapa, kata Azis karena ilmu tidak dapat berdiri sendiri dan semuanya sudah ada dalam kitab suci tersebut. 
"Ilmu itu tidak berdiri sendiri dan butuh sinergitas. Terrbukti, isi Alquran dan hadits ini telah dipraktikan di beberapa negara yang mayoritasnya non muslim, yakni mengimplementasikan apa yang ada di Alquran dan hadist," terangnya.
Apalagi IAIN SNJ Cirebon ini akan bertransformasi menjadi UIN dan akan membuka fakultas dan jurusan yang umum. Sehingga Perguruan Tinggi harus hadir untuk mencetak insan cerdas yang berwawasan global, berperadaban dengan menguasai teknologi dan berkeadaban serta berpengetahuan komprehensif. 
Azis Farurrozi mengingatkan, jika ini memang harus disadari, sebab materi yang dibutuhkan untuk 10 sampai 20 tahun mendatang, itu harus ada revolusi pembelajaran, karena merekalah yang akan memimpin bangsa ini. Revolusi pendidikan bisa dimulai dengan mata kuliah sehingga dapat tercetak generasi yang sehat fisik, psikis, sosial, dan spiritual. (din)

Terkini