Pakai Sarung, IAIN SNJ Cirebon Peringati Hari Santri Nasional



CIREBON -  Upacara Peringatan Hari Santri Nasional, Selasa (22/10/2019), di halaman Rektorat IAIN SNJ Cirebon berjalan unik dan khidmat. Unik, karena seluruh peserta upacara mengenakan sarung dan peci.

Mulai dari Inspektur upacara, pembaca teks ikrar santri, hingga pengibar bendera, seluruhnya benar-benar berpakaian khas santri.

Rektor IAIN SNJ Cirebon, Dr H Sumanta Hasyim MAg, usai upacara kepada sejumlah media menjelaskan, bahwa keberadaan santri dan pondok pesantren tidak lepas dari perjalanan sejarah kemerdekaan republik Indonesia. 

Saat itu, santri dan pondok pesantren sudah terlibat dan begitu banyak memberikan sumbangsih bagi kemerdekaan negara Indonesia. 

Sementara kontek kekinian, IAIN SNJ Cirebon bukan saja menekankan pada aspek knowledge atau kognitif saja, tetapi juga aspek psikomotorik. '"jadi aspek penerapannya, inilah tujuan dalam rangka pembentukan karakter mahasiswa," jelasnya.

Rektor menegaskan, peringatan Hari Santri Nasional 2019 yang bertema “Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia,” tak lepas dari peran pesantren yang menjadi laboratorium perdamaian dunia.

“Ya, peran pesantren itu menjadi laboratorium perdamaian dunia. Karena islam itu rahmatan lil'alamin, Ia datang  dengan ramah dan moderat dalam beragama dan dengan cara inilah keragaman dapat disikapi dengan bijak dan tidak intoleransi," jelasnya. (din)

Terkini