Begini Pengakuan Bambang Yuniarto Hingga Sukses Meraih Gelar Profesor Dan Guru Besar Di IAIN Cirebon


FOKUS CIREBON - Belakangan, nama Bambang Yuniarto mendadak ramai dikalangan akademisi. Bukan soal sosoknya yang tegas dan cerdas, melainkan karena kegigihannya dalam meraih gelar profesor. Bahkan uniknya, Prof H Bambang Yuniarto MSi merupakan satu-satunya guru besar di wilayah III Cirebon di bidang Ilmu Pengetahuan sosial dan Kewarganegaraan.
Prof Bambang mengatakan untuk mendapatkan gelar profesor tersebut tidak diraih dengan mudah. Harus terlebih dahulu mengikuti persyaratan yang salahsatunya adalah menerbitkan scopus. Syarat ini menjadi momok dan sesuatu yang menakutkan. Pasalnya, untuk menerbitkannya banyak persyaratan yang harus dipenuhi dan cukup sulit.
Terkait penerbitan scopus ini, Prof Bambang mengaku sudah di mulai sejak tahun tahun 2011. Pada tahun 2011 ini Prof Bambang menulis 2 scopus, kemudian pada tahun 2017 menulis 1 scopus, dan tahun 2018 menulis 2 scopus. 
"Jadi totalnya saya sudah menulis 5 scopus. Karena menulis scopus ini menjadi sebuah persyaratan yang tidak bisa ditinggalkan untuk menjadi profesor, dan ini menjadi sebuah momok menakutkan bagi yang ingin merambah menjadi guru besar,” terangnya.
Kendati begitu, Prof Bambang bukan sosok yang mudah menyerah, kata dia, selain semangat diri yang tinggi juga berkat kerjasama dari semua pihak, terutama dari keluarga dan civitas akademika IAIN Syekh Nurjati Cirebon, yang kini membuat dirinya berhasil melewati semua tantangan tersebut. 
“Proses untuk menjadi guru besar, harus kuat, berkali-kali kwndala dan tantangan terus menghadang, bahkan terkadang merasa lelah dan tidak kuat hingga mau menyerah. Namun berkat dorongan yang kuat dari diri sendiri, dari teman-teman, serta istri dan keluarga, maka gekar tertinggi akademik ini alhamdulillah bisa disandangnya," papar Bambang.
Untuk itu, Prof Bambang Yuniarto juga mengucapan terima kasih kepada istri tercintanya, Pudjiati SPd, kemudian ibu kandungnya, Sony, serta anak menantunya atas doanya. 

"Ya, hal yang sama juga saya ucapkan terimksh kepada Rektor IAIN Cirebon Dr H Sumanta Hasyim MAg, beserta civitas akademika IAIN Cirebon, kemudian kepada bapak Prof Dr Maksum MA (alm) yang selalu mensuport saya. Kemudian juga Dirjen Pendis Kemenag Prof Dr Arskal Salim Gp PhD dan Prof Dr Bunyamin Maftuh selaku Direktur SDM Dikti,” ucap Prof Dr H Bambang Yuniarto MSi. (din)

Terkini