IAIN SNJ Cirebon Dipercaya Untuk Melaksanakan Sertifikasi Pembimbing Haji Dan Umroh


FOKUS CIREBON - Kementerian Agama mempercayakan IAIN SNJ Cirebon untuk melaksanakan sertifikasi pembimbing haji dan umroh. Karena pembimbing haji dan umroh harus bersertifikat.

Atas kepercayaan tersebut, sekaligus  pembekalan pada 15 Februari 2020  di Bandung, Jawa Barat, Fakultas Ushuludin, Adab dan Dakwah IAIN SNJ Cirebon pun menggelar kegiatan workshop sertifikasi pembimbing manasik haji dan umroh di Apita Hotel, belum lama ini. 

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Rektor IAIN SNJ Cirebon, DR H Sumanta Hasyim MAg tersebut, untuk memberikan pembekalan kepada pembimbing haji dan umroh, sebagai persiapan mereka pada kegiatan 15 Februari mendatang di Bandung.

DR H Sumanta juga menjelaskan bahwa pembimbing haji dan umroh di seluruh Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) saat ini harus bersertifikat.  

"Para pembimbing umroh dan haji harus disertifikasi, dan nanti mereka akan diberikan materi untuk pembimbing haji dan umroh di Bandung pada tanggal 15 Februari. Makanya saat ini kita kumpulkan para pembimbing haji dan umroh dalam workshop ini," ucap Sumanta.

Sumanta juga menegaskan, selain memberikan pembekalan, juga harus ada persamaan persepsi antara narasumber, fasilitator dan pembimbing haji. 

"Sebelum tanggal 15 nanti, kita samakan persepsi dan sekaligus diberikan pembekalan kepada pembimbing haji dan umroh," katanya.

IAIN Syekh Nurjati sendiri ditunjuk Kemenag RI sebagai lembaga untuk melaksanakan sertifikasi pembimbing haji dan umroh. 

Menurut Sumanta, saat ini, pemerintah mensyaratkan para pembimbing haji dan umroh untuk bisa memberikan pelayanan yang prima. Dengan demikian, sertifikasi untuk para pembimbing haji dan umroh harus dilakukan.


"Alhamdulilah kita dipercaya untuk melaksanakan sertifikasi pembimbing haji dan umroh oleh Kemenag. Pemerintah mensyaratkan pembimbing harus bersertifikat," ungkapnya.

Wakil Ketua Forum Komunikasi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh Jawa Barat, H.Syatori menyambut gembira dengan dipercayanya IAIN Syekh Nurjati Cirebon untuk membimbing dan melatih para pembimbing haji dan umroh. Menurut Syatori, hal seperti ini harus tetap dilakukan. (nur)

Terkini