Mahasiswa KPI Antusias Ikuti Kegiatan Fotografi Besutan Canon Sanggar Kencana Photo Marathon 2020


FOKUS CIREBON - Asyiknya memainkan camera digital dengan berbagai merk dan bentuk, bikin mahasiswa KPI IAIN SNJ Cirebon bertambah betah menyimak pemaparan fotografer senior Faim Achmad Zamani di ruang Auditorium FUAD, Lantai 4, IAIN SNJ Cirebon, kemarin.

Apalagi saat diberikan waktu 15 menit untuk simulasi memainkan camera baik dari HP maupun DSLR untuk membidik obyek di sekitar lingkungan kampus IAIN Cirebon dengan tema "kosong".

"Pokoknya seru mas, karena tema yang diberikan bikin penasaran. Kira-kira obyek apa yang bagus dari tema 'kosong' ini," kata mahasiswi KPI saat keliling kampus mencari obyek yang bisa di foto.


Sementara saat diikuti, mereka para mahasiswa masih terus mencari obyek yang sesuai tema. "Jepret" kilatan cahaya camera pun menangkap obyek yang di foto dan puluhan mahasiswa KPI lainnya terus asyik keliling mencari momen gambar lainnya.

H.Aan Muhamad Burhanudin MAg, Ketua Jurusan KPI IAIN SNJ Cirebon saat dikonfirmasi mengatakan, bahwa ini adalah kegiatan roadshow yang setiap tahunnya berpindah tempat, dan  Canon SK Marathon Go to Campus pada tahun ini bertempat di kampus IAIN Syekh Nurjati (SNJ) Cirebon.

Harapannya adalah, kegiatan ini menjadi sebuah keahlian dan keahlian fotografi mahasiswa ini bisa di explore, bisa dikembangkan dan bisa di mact dari dibangku kuliah, kemudian dalam kegiatan prakteknya. 

"Harapan saya dengan melalui kegiatan ini bisa meningkatkan kemampuan keahlian fotografinya yang diperoleh dari bangku kuliah sehingga nanti pada akhirnya kemampuan fotografi mereka itu betul-betul profesional, karena KPI ini jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, ini juga konteksnya dakwah, maka harapan saya mereka mahasiswa bisa berdakwah lewat media termasuk foto," ujarnya.

Sementara Faim Achmad Zamani dalam kegiatan Canon SK Photo Marathon 2020, The Largest On The Spot, dalam Goesto School dan Campus memaparkan, bahwa mempergunakan camera itu harus serius dan pandai dan terlatih karena suatu saat akan bertemu dengan moment penting.


Faim Achmad Zamani juga menekan soal teknik dan dasar-dasar menggunakan camera. "Fotografi itu seni melukis cahaya, dan kita harus mengetahui tekniknya. Termasuk mengetahui penggunaan penggunaan mode : M, AV, TV dan P," kata Faim yang mengabarkan jika tahun 2020 kni akan digelar lomba fotografi se asia tenggara kategori pelajar dan mahasiswa. (din)



  







Terkini