Rencana IAIN Cirebon Membuka Program Studi S3 Doktor Hukum Islam, Ini Kata Dr Sugianto SH MH..


CIREBON, FC - Kabar gembira, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati (SNJ) Cirebon berencana membuka Program Studi S3 Doktor Hukum Islam. 

Kabar tersebut disampaikan Ketua Program Studi Magister Hukum Keluarga PPS IAIN SNJ Cirebon, Dr H Sugianto SH MH bersamaan dengan kegiatan Kuliah Umum 'Studium General' dengan tema 'Eksistensi Peradilan Agama dalam Konstelasi Politik dan UU No.50 Tahun 2009, Sabtu (22/2/2020) di Lantai III, Pascasarjana IAIN Cirebon, kampus setempat.

Pada Studium General ini, menurut Sugianto, Ketua Bidang Pengawasan dan Rekruitmen Hakim Komisi Yudisial RI, Prof Dr H Aldul Fitriciada Azhari SH, M.Hum sebagai narasumber, dan acara dibuka oleh Wakil Rektor III, Dr H Ilman Nafi'an M.Ag.

Dijelaskan, kegiatan kuliah umum ini selain mengikutkan peserta mahasiswa Program Pascasarjana, baik Mahasiswa S2 Magister Hukum dan S2 Magister Ekonomi Syariah serta mahasiswa S1 Syariah dari jurusan HTN dan Ahwal Sysksiah (AAS).

Juga banyak peserta dari luar, baik dari kalangan Advokat dan Dosen dari Fakuktas Hukum Untag, Fakultas Hukum UMC dan Fakultas Hukum Unswagati Cirebon.

Kegiatan kuliah umum ini diikuti peserta kurang lebih 100 orang, dengan tujuan, selain penguatan keilmuan bagi mahasiswa juga  program pasca sarjana IAIN akan membuka Program Studi S3 Doktor Hukum Islam.

"Insya Allah target tahun 2020 izin operasional bisa turun dari Direktorat Pendidikan Tinggi Islam  Kementrian Agama RI dan BAN PT," tandas Dr H Sugianto SH MH, Ketua Program studi Magister Hukum keluarga PPS IAIN SNJ Cirebon.

Disamping itu, IAIN Syekh Nurjati Cirebon melaksanakan kerja sama dengan Komisi Yudisial RI yang ditandai dengan penandatanganan disaksikan oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama.

"Kerjasama ini tentang Pengembangan SDM dan Tridarma Perguruan tinggi," tandas Sugianto. (din)

Terkini