Dibukanya Kembali Lokasi Wisata, Polsek Kepulauan Seribu Antisipasi Lonjakan Wisatawan


JAKARTA - Dengan dibukanya kembali lokasi wisata pantai dan wisata alam di Kepulauan Seribu, Wakapolsek Kepulauan Seribu pun sudah mengambil langkah-langkah guna mengantisipasi lonjakan kunjungan wisatawan ke wilayah ke sejumlah tempat wisata. 

Di Kepulauan Seribu, sektor wisata yang menjadi andalan perekonomian warga Kepulauan Seribu. Maka dengan kembali Dibukanya sejumlah wasata alam tersebut,  mulai perekonomian diharapkan akan kembali bergairah bersamaan bergerak di masa transisi menuju penerapan tatanan kehidupan baru atau new normal.

Untuk antisipasi lonjakan wisatawan tersebut, Polsek Kepulauan Seribu Utara telah menempatkan personil pengamanan sekaligus personil pengawasan protokol kesehatan. 

"Di wilayah Kecamatan Kepulauan Seribu Utara banyak terdapat lokasi lokasi wisata pantai dan lokasi wisata alam yang tersebar di pulau pulau penduduk dan pulau pulau resort," kata Wakapolsek Kepulauan Seribu Utara lptu R Kuswinarno, Senin (6/7).

Wisata di pulau-pulau penduduk adalah lokasi wisata yang menjadi favorit kunjungan wisatawan baik lokal ataupun mancanegara.  

Dengan ramainya kunjungan wisata khususnya pada akhir pekan, kita antisipasi kerawanan gangguan Kamtibmas dengan menempatkan personil Polsek, Polisi Subsektor dan Bhabinkamtibmas di dermaga-dermaga Pelabuhan dan lokasi wisata pantai yang ada di Pulau Kelapa, Pulau Harapan, Pulau Panggang dan Pulau Pramuka.

"Dalam masa pandemi Covid-19 dan masa transisi new normal semua lokasi wisata yang ada di Kepulauan Seribu tetap menerapkan protokol kesehatan ketat bagi wisatawan yang berkunjung, seperti cek suhu badan, wajib menggunakan masker, cuci tangan dengan sabun/hand sanitizer yang sudah disiapkan dan jaga jarak," ujarnya.

Lebih lanjut, kata Kuswinarno, Personil Polsek yang ditempatkan di dermaga-dermaga pelabuhan, untuk tetap menjaga protokol kesehatan bagi kedatangan atau keberangkatan wisatawan.

Sementara itu, instansi yang tergabung dalam kegiatan pengamanan dan pengawasan di dermaga dermaga pelabuhan dan lokasi wisata pantai dan alam,  antara lain Polsek Kepulauan Seribu Utara, Polisi Subsektor, Bhabinkamtibmas Kelurahan, Koramil Kepulauan Seribu, Satpol-PP, Tim Gugus Tugas Aman Covid-19 Kepulauan Seribu.

"Pengawasan protokol kesehatan yang kami lakukan bersama dengan Koramil Kepulauan Seribu dan Satpol PP Kepulauan Seribu di lokasi tersebut diatas dilakukan dengan mengedepankan edukasi dan sosialisasi dengan cara humanis, sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19 menuju Kamtibmas kondusif masyarakat semakin produktif dan aman Covid-19," ujar Wakapolsek kepada media online fokuscirebon.com. (dade)

Terkini