UPZ IAIN Cirebon Raih 3 Penghargaan BAZNAS Kota Cirebon Sebagai Institusi Peduli Zakat


CIREBON, FC - Unit Pengumpul Zakat (UPZ) IAIN Syekh Nurjati Cirebon terus berbenah meningkatkan kualitas dan akuntabilitas pengelolaan Zakat sebagai implementasi  dari UU Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat dan PERBAZNAS Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Tata Kerja Unit Pengumpul Zakat (UPZ). 

Sejak berdiri UPZ IAIN Syekh Nurjati Cirebon pada 29 Januari 2021 yang ditetapkan oleh Baznas Kota Cirebon terus tumbuh dan berkembang. 

Dengan Support penuh Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon Dr. H. Sumanta, M.Ag dan jajaran pimpinan jumlah muzakki di lingkungan UPZ terus mengalami peningkatan, pada awal tahun 2023 mencapai 52 % dari keseluruhan jumlah Muzakki yang terdiri dari tenaga pendidikan dan kependidikan (prosentase ini jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan perolehan angka Muzakki di lingkungan ASN Pemkot Cirebon yang baru mencapai 30%).

Begitu pula halnya dalam hal pendayagunaan hasil Zakat, UPZ IAIN Syekh Nurjati Cirebon telah banyak membantu meringankan UKT ratusan mahasiswa, membantu program IAIN Cirebon Peduli, santunan  Yatim Piatu dan bantuan sosial kegamaan serta kegiatan Unit Kegiatan Mahasiswa lainnya. 

Dalam rangka Ulang Tahun Baznas ke 22 UPZ IAIN Syekh Nurjati Cirebon meraih 3 Penghargaan sekaligus dari BAZNAS Kota Cirebon, yaitu Award sebagai Ketegori UPZ Penghimpunan Terbanyak, Kategori UPZ Muzakki terbanyak dan untuk IAIN sebagai Institusi Peduli Zakat pada Kamis, 26 Januari 2023.

Penghargaan tersebut diberikan Wakil Wali Kota Cirebon Ibu Dra. Hj. Eti Herawati dan disaksikan Sekda Kota Cirebon Drs. H. Agus Mulyadi, M.Si, Ketua Baznas Kota Cirebon H. Hamdan, S. Ag. M. Pd. kepada Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon melalui Ketua UPZ Dr. H. Ahmad Yani, M. NON Ag. 

Kang Yani (sapaan akrab Ahmad Yani) mengatakan, dirinya merasa bersyukur atas capaian dan penganugerahan Award dari Baznas ini, ini semua berkat kebijakan dan dorongan pimpinan serta sinergitas seluruh civitas akademika IAIN Syekh Nurjati Cirebon. 

Kang Yani berharap do'a dan dukungannya selalu dari seluruh keluarga Besar IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan menjadi Muzakki berkelanjutan. Karena nilai masalahatnya akan lebih luas lagi.

"Kampus kita akan banyak berbuat kemaslahatan terutama dalam membantu meringankan para mahasiswa yang menjadi ashnaf, serta menjadikan kampus IAIN Cirebon semakin peduli terhadap berbagai persoalan sosial di lingkungan kampus," ujar Kang Yani.

Kang Yani juga berharap, dalam waktu yang tidak terlalu lama dengan semangat BLU dan menjadi Universitas UPZ pun akan bertransformasi menjadi LAZ tingkat Kota/Kabupaten atau Provinsi, dengan potensi yang ada sangat rasional dan memiliki peluang yang baik untuk perluasan jangkauan kemaslahatannya. 


Dalam kesempatan tersebut, Baznas Kota Cirebon juga menetapkan Wali Kota Cirebon Drs. H. Nashrudin Azis, SH, Wakil Wali Kota dan Sekda Kota Cirebon sebagai Duta Zakat Kota Cirebon 2023.

HUT KE 22 baznas Kota Cirebon berlangsung meriah dan dihadiri Unsur Pimpinan FORKOPIMDA Kota Cirebon dan Ketua BAZNAS Provinsi Jawa Barat. (din)

Terkini