Jurusan KPI, Fakultas pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi komunikasi dan informasi

FOKUS CIREBON - Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengadakan seminar online nasional yang mengusung tema ‘Membumikan Komunikasi Islam di Indonesia:Solusi Strategis Menuju Peradaban Baru di Era New Normal’, pada Rabu, (15/07/2020).
Karena masih dalam masa pandemi Covid-19, maka acara dilakukan secara online melalui aplikasi zoom dan ditayangkan secara langsung (live) pada channel youtube KPI SNJ Cirebon.
Seminar tersebut diisi oleh tiga narasumber yang sangat kompeten di bidang komunikasi Islam, di antaranya adalah Andi faisal Bakti, Harjani Hefni dan Mohamad Zamroni.
H.Aan Mohammad Burhanudin selaku ketua Jurusan KPI berharap dengan adanya seminar online nasional ini dapat menciptakan informasi serta memenuhi tuntutan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi komunikasi dan informasi, serta sosial budaya untuk pengembangan komunikasi Islam di Indonesia.
“Perkembangan komunikasi di tengah pandemi Covid-19 sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia yang memiliki tantangan baru. Tentunya dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi era new normal seperti sekarang ini diperlukan ilmu tambahan sebagai gambaran ke depan akan seperti apa dan langkah apa saja yang harus diambil,” tutur Aan.
Salah satu narasumber, Harjani Hefni, mengatakan, komunikasi Islam dapat memberikan solusi di masa yang akan datang.
“Menaruh harapan dan memberikan solusi dalam komunikasi Islam, serta kontribusi besar di masa yang akan datang dan prospeknya yang sangat baik dapat memberikan manfaat untuk masyarakat,” ujarnya.
Narasumber lainnya, Mohammad Zamroni memaparkan, eksistensi komunikasi Islam dari sisi upaya untuk merebut dominasi komunikasi dan penyiaran media massa yang dikuasai oleh Barat.
“Komunikasi Islam mampu mengolah pesan sesuai dengan konteks yang tepat sehingga Islam akan mampu tetap relevan dalam kehidupan masyarakat,” ujarnya. (Agus)

Terkini