Peneliti Puslitbang BIMAS KEMENAG RI Kunjungi Masjid Subulussalaam


HARJAMUKTI, FC- Masjid Subulussalaam RW 14 Permata Harjamukti Utara, Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon mendapat kunjungan kehormatan dari Peneliti Pada Puslitbang Bimas Agama & Layanan Keagamaan Badan Litbang & Diklat Kementerian Agama RI, H. Ibnu Hasan Muchtar, Lc, MA, Rabu (8/6/2020).

Pada kesempatan tersebut H.Ibnu yang di dampingi Ahmad Falah Penyuluh Agama Islam, menyampaikan maksud dan tujuan kehadirannya ke Kota Cirebon, Khususnya ke Masjid Subulussalaam dalam rangka upaya mengecek dan meneliti apakah Protokol Kesehatan COVID 19 dilaksanakan sesuai aturan dan petunjuk dari Kementerian Agama RI.

Menurutnya, protokol Kesehatan di setiap masjid di seluruh Indonesia harus di laksanakan dengan sebaik-baiknya dalam rangka mencegah terjadinya penularan Virus COVID 19 yang sampai saat ini belum ada vaksin untuk penyembuhannya.

Ibnu Hasan berharap, agar DKM Subulussalaam tetap memperhatikan protokol kesehatan selama melaksanakan sholat berjamaah, seperti cuci tangan pakai sabun sebelum berwudhu, cek suhu tubuh, pakai hansanitizer, memakai masker dari rumah dan selama berada di masjid,, jaga jarak sesama jamaah serta tidak melakukan bersalaman sesama jamaah dan Langsung pulang ke rumah setelah kegiatan peribadatan selesai.

Sementara itu Ketua DKM Subulussalaam Naim Abdurachman yang di wakili Wakil Ketua DKM Didi Sunardi SE saat menerima kunjungan tersebut menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran H. Ibnu Hasan Muchtar, Lc MA selaku Peneliti Pada Puslitbang Bimas Agama Kementerian Agama RI yang telah datang dan meneliti mengenai pelaksanaan Protokol Kesehatan di Masjid Subulussalaam.

Lebih lanjut pria yang juga Sekretaris PD DMI Kota Cirebon tersebut menjelaskan bahwa selama ini pihaknya senantiasa memberikan pelayanan dan kenyamanan kepada jamaah dengan sebaik-baiknya serta memperhatikan Protokol Kesehatan sebagai mana Himbauan yang di keluarkan baik Itu dari Kementerian Agama RI maupun Surat Edaran Walikota Cirebon juga memperhatikan maklumat yang di keluarkan oleh pihak MUI.

Sementara itu, Sekretaris DKM Subulussalaam Solikhin dan Wakilnya Sukarna SE menambahkan bahwa selama ini kegiatan peribadatan dan kegiatan Majelis Ta'lim lain nya selama masa Pandemi Covid 19 ini tetap dilaksanakan dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan sebagai mana yang telah ditentukan oleh berbagai pihak .

" Dengan kehadiran Peneliti dari Puslitbang Bimas Islam Kemenag RI diharapkan bahwa Masjid Subulussalaam benar benar layak Melaksanakan Peribadatan dan ibadah lainnya sebagaimana ketentuan yang berlaku, ujar Sukarna menjelaskan.


Kehadiran Peneliti dari Puslitbang Bimas Islam Kementerian Agama RI disambut oleh Pengurus DKM dan Jamaah Masjid Subulussalaam. (Lan)

Terkini