Dekopinda Kota Cirebon Puji Ketertiban Administrasi Koperasi IAIN Cirebon

FOKUS CIREBON, (FC) - Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Cirebon memuji Ketertiban dan keteraturan administrasi Koperasi Harapan Sejahtera IAIN Syekh Nurjati (SNJ) Cirebon. Hal itu disampaikan pada saat pembukaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Harapan Sejahtera di ruang Auditorium FITK IAIN SNJ Cirebon, lantai lima, Rabu (26/1/2021).


Dr Hj Maemunah dari Dekopinda Kota Cirebon mengatakan, dari 300 lebih Koperasi di Kota Cirebon, IAIN SNJ Cirebon merupakan yang ke 29 telah melaksanakan RAT tahun buku 2020.

"Dari sebanyak 300 lebih koperasi di Kota Cirebon, IAIN Cirebon merupakan urutan yang ke 29 yang sudah melaksanakan RAT. Bahkan menurut laporan pembukuan, Koperasi Harapan Sejahtera IAIN SNJ Cirebon tahun 2020 ini laporan keuangnnya surplus. Ini menandakan ketertiban administrasi yang baik," ujarnya.

Perkembangan koperasi IAIN Cirebon yang cukup baik di tahun 2020 ini, mengingat sebelumnya koperasi IAIN Cirebon pada tahun 2019 perkembangan sempat stagnan.

Untuk itu, Dr Maemunah juga menawarkan kepada Koperasi Harapan Sejahtera bahw untuk selain simpan pinjam dan minimarket, juga bisa membuka pengembangan obat-obatan, sehingga nantinya kedepan sudah memiliki apotik sendiri dan dokter praktik yang dibutuhkan. 

Hal senada disampaikan Edy Chandra, Ketua Koperasi Harapan Sekahtera IAIN SNJ Cirebon, bahwa di masa Covid 19 ini, koperasi terus bertahan dengan berbagai tekanan yang ada, namun koperasi mampu mengembangkan melalui layanan digital yang bisa diakses semua angggota, jadi lebih mudah dan efektif serta mampu mencegah penyebaran covid 19.

"Alhamdulillah, sepanjang tahun 2020 KPRI Harapan Sejahtera di tengah tekanan covid 19 begitu luar biasa, namun berhasil mencatatkan kenaikan laba sebesar 34 persen dibanding tahun sebelumnya. Kami memiliki anggota sebanyak 349 dan mampu melaksanakan RAT tepat waktu di bulan Januari dan merupakan koperasi ke 29 yang sudah RAT," tandasnya.

Sementara Dr Kartimi MPd, Warek 2, mewakili Rektor IAIN SNJ Cirebon, Dr H Sumanta MAg mengatakan, bahwa keberadaan Koprasi Harapan Sejahtera IAIN SNJ Cirebon merupakan sektor ekonomi yang dikembangkan lembaga bagi kesejahteraan para anggotanya. Karena sifat koperasi berasal dari kita, oleh kita dan untuk kita juga.

"Jadi manfaatnya sangat besar bagi kesejahteraan anggota dan dosen-dosen serta anggota lainnya. Mereka pun dapat melakukan simpan pinjam jika memang dibutuhkan pada sektor keuangan. Jadi bisa pinjam sesuai kebutuhan," terangnya.

Dirinya berharap, Koperasi Harapan Sejahtera mampu mengembangkan dirinya lebih baik lagi, dan Rapat Anggota Tahunan (RAT) ini dalam rangka menuju kesejahteraan anggota.  

"Sebagai pimpinan tentu kami sangat mendukung dan mensuport setiap langkah yang diambil pihak koperasi," ujar Kartimi sesaat sebelum membuka kegiatan RAT Koperasi Harapan Sejahtera IAIN SNJ Cirebon Tahun Buku 2020 dengan tema 'Tetap Maju dalam Keberkahan Meraih Sejahtera bersama Koperasi di Masa Covid 19'. terangnya. (Nurdin)

Terkini