Milad HMI Ke 74, HMI Cabang Bangka Belitung Gelar Silaturahmi Daerah dan Dialog Tematik

MILAD HMI KE 74 : Usai memperingati Milad HMI Ke 74 melalui kegiatan silaturrahmi daerah dan dialog tematik,  pengurus HMI - KAHMI Bangka Belitung, mengabadikan dengan foto bersama. (foto/ist).


FOKUS BANGKA BELITUNG, - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bangka Belitung memperingati Milad HMI Ke 74. Kegiatan yang dibalut dengan acara silaturahmi daerah serta dialog tematik HMI dan KAHMI membuat peringatan Milad HMI Ke 74 menjadi khidmat dan semarak.

Dalam kegiatan Refleksi 74 tahun HMI, tema mengokohkan komitmen Keislaman dan Kebangsaan, semakin menarik didiskusikan pada konteks HMI kekinian, di mana era industrialisasi 4.0 memaksa seluruh piranti kehidupan berubah sedahsyat masuknya globalisasi informasi dan teknologi (IT). 

Ketua MD KAHMI Belitung, Hartian Ramadhan,ST,M.M menjelaskan, perkembangan digitalisasi pada industri 4.0 hanya merupakan wajah zaman yang berkembang saat ini, HMI tentu harus bisa berada pada fase ini, maka konteks mengokohkan komitmen Keislaman dan Kebangsaan menjadi keniscayaan yang harus kuat di era globalisasi ini dan menjadi tantangan zaman tersendiri.

Hartian Ramadhan juga menegaskan, bahwa kontekstualisasi misi HMI sampai dengan hari ini telah banyak melahirkan episentrum-episentrum baru bagi perkembangan peradaban. 

"Inilah HMI yang selalu ada dan berada di fase apapun. Tinggal bagaimana kematangan berfikir, bersikap dan kemampuam analitis, rasionalis dan tajam terus dihidupkan, sejalan dengan perkembangan peradaban zaman," tandasnya, Jum'at (11/2/2021).

Sementara menurut KAHMI lainnya, Farid Wajdi, M.Ag, M.Si, menyatakan, bahwa HMI itu merupakan organisasi kemahasiswaan yang berdiri pada tanggal 05 Februari 1947 yang memiliki gagasan dan visi perjuangan sosial budaya. 

Dalam konteks ini, kata Farid, yakni  mempertahankan NKRI dan mempertinggi derajat rakyat Indonesia serta menegakkan dan mengembangkan ajaran Islam.

"Ini tentu sejalan dengan visi membangun peradaban sebagaimana perkembangan zaman dengan tetap mengokohkan komitmen Keislaman dan Kebangsaan," tuturnya.

Sedangkan menurut Ketua Komisariat AMB Cabang Babel, Vian, bahwa sejalan dengan tujuan awal di atas, HMI mulai mengevaluasi diri yang bersandar pada pilar akademis, pencipta dan pengabdi. 

"Yakni, terbinanya insan akademis, pencipta, pengabdi yang bernafaskan islam dan bertanggungjawab atas terwujudnya masyarakat adil dan nakmur yang diridhoi Allah Subhanahu Wa Ta’ala," pungkasnya. (din)






  

Terkini