Devi Apriliyah Mahasiswi IAIN Cirebon Meraih Juara 1 Lomba Video Mahasiswa Kreatif Tingkat Nasional

 

Devi Apriliyah, Juara 1 pada lomba video mahasiswa kreatif tingkat nasional.


FOKUSCIREBON, FC - Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Devi Apriliyah, gadis kelahiran Kabupaten Majalengka, berhasil meraih juara 1 pada Lomba Video Kreatif tingkat nasional.

Tentu ini menjadi prestasi tersendiri yang sangat membanggakan bagi keluarga serta kampusnya di mana Devi menimba pendidikan.

Saat dihubungi fokuscirebon.com, mahasiswi Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUDI) IAIN SNJ Cirebon, semeter 4/B ini, mengaku mengikuti ajang lomba video kreatif mahasiswa tingkat nasional tersebut, motivasi terbesarnya datang dari orang tua yang selalu men-support dan mendo'akan setiap langkah terbaik yang diambil oleh anaknya. 

"Saya juga ingin memanfaatkan waktu yang tersedia untuk mengikuti event-event lomba dan termasuk lomba video pembelajaran kreatif mahasiswa, meskipun sempat merasa pesimis karena tingkat nasional. Tetapi alhamdulillah dengan keyakinan yang kuat saya berusaha dan berjuang dengan semangat yang menggebu dan berhasil sebagai juara," katanya, Rabu, (26/5/2021). 

Bagi Devi, juara bukanlah hal utama. Semua kata Devi, harus dilakukan dengan iringan do'a dan usaha yang tepat, maka usaha tersebut tidak akan menghianati hasil.

"Ini persiapan menuju lomba yang saya lakukan, yakni meminta doa dari orang tua juga orang-orang terdekat dan doa ini yang mengantarkan saya keperlombaan" terangnya.

Devi juga mengaku, dirinya  memberanikan diri mencoba sesuatu hal yang belum pernah sebelumnya dia lakukan, yaitu lomba video kreativitas pembelajaran jarak jauh.

"Ya tentu saja, saya selaku pelajar yang menghadapi pembelajaran daring, sangat ingin bisa melakukan terobosan baru sehingga pembelajaran bisa lebih optimal. 

Artinya, kata Devi, dalam konteks ini pembelajaran daring anak usia dini perlu sesuatu hal yang menarik, hal yang mampu menggugah minat anak. 

Selain itu, Devi mencoba mengulik beberapa aplikasi pendukung dalam proses pembuatan video dengan melihat video-video tutorial youtube, dan juga webinar/kajian yang berkaitan dengan pembelajaran anak usia dini selama pandemi ini.

"Alhamdulillah, prosesnya tidak ada kendala yang berarti, hanya saja waktu saya membuat video waktu itu sedang bulan suci ramadhan, tetapi saya lakukan dengan sangat antusias meski posisi sedang berpuasa. Alhamdulillah hasilnya berkah," terangnya.

Dijelaskan, saat mengikuti lomba tersebut, Devi harus bersaing dengan 21 peserta dari sejumlah perguruan tinggi di Indonesia, termasuk peserta dari tuan rumahnya, UNUGIRI Bojonegoro.

Sedangkan lomba digelar secara online, dan softfile video nya dikirim via email, Instagram dan google formulir.

"Lomba video pembelajaran  kreatif mahasiswa tingkat nasional yang diselenggarakan oleh PIAUD UNUGIRI BOJONEGORO 2021 ini, saya ikuti dengan persaingan yang sangat ketat, tapi alhamdulillah berkat dukungan keluarga dan semua pihak, saya keluar sebagai juara," tuturnya.

Dalam lomba ini, dukungan, motivasi, inspirasi dan do'a terus berdatangan dari para dosen PIAUD IAIN Cirebon yang hebat dan berkualitas.

"Bagi saya, dukungan ini adalah salah satu yang terpenting, karena itu menambah power dan semangat dalam diri untuk terus bisa memberikan yang terbaik," katanya.

Devi juga mengaku jika lomba ini adalah lomba pertama baginya. Karena sebelumnya lomba yang diikuti adalah lomba puisi, ajang duta, cipta puisi dan lain-lain.

Untuk itu, Devi memberikan saran, bahwa selama pandemi banyak sekali waktu yang kita miliki selama menjadi mahasiswa yang pembelajarannya daring. 

"Mari kita manfaatkan waktu dengan sebaik mungkin dengan berprestasi dan terus meningkatkan kualitas diri. Mencoba itu adalah hal terbaik dibanding penyesalan. Jadi, tidak ada alasan untuk diam diri, ambil langkah pasti dan jangan mudah berbangga diri," katanya.

Sementara harapannya adalah semoga dengan prestasi yang telah diraih, bisa menjadi motivasi dan inspirasi untuk selalu berkarya, berinovasi, kreatif dan responsif terhadap kemajuan jaman, dan tentu bisa mengahrumkan nama baik keluarga, jurusan, dan kampus tercinta. Terutama bagi diri sendiri dan teman-teman jurusan PIAUD IAIN Cirebon," ucapnya. 

Sementara itu, Pranata Humas IAIN Syekh Nurjati Cirebon, H Muhamad Arifin, M.Pd.I menyatakan rasa bangga atas perjuangan dan prestasi yang diraih Devi. 

"Kami sangat bangga dan selamat buat Devi, semoga pada ajang lomba lainnya selalu sukses. Demikian juga bagi mahasiswa IAIN Cirebon pada umumnya, juga semoga bisa ikut memberikan nama baik bagi kampusnya dengan motivasi sebagai juara pada level dan tingkat apapun," tandasnya. (din)

Terkini