LP2M IAIN Cirebon Tutup Kegiatan Ramadhan Menyapa On The Spot Yang Digelar Sepanjang Bulan Ramadhan

Kegiatan Ramadhan Menyapa On The Spot yang digelar LP2M IAIN Cirebon, resmi ditutup, kegiatan diisi dengan Bukber bersama anak yatim, Jompo dan Marbot Masjid serta pembagian paket sembako.


CIREBON, FC- Setelah menjalankan aktifitasnya di 12 titik kegiatan (12 Spot)  selama bulan ramadhan, LP2M IAIN Syekh Nurjati Cirebon dalam Program Ramadhan Menyapa On The Spot resmi ditutup, Senin (10/5/2021).

Penutupan kegiatan Ramadhan Menyapa On The Spot tersebut dilangsungkan bersamaan dengan kegiatan pembagian sembako serta Bukber Anak Yatim, Jompo dan Marbot Masjid.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Rektor IAIN SNJ Cirebon yang diwakilkan Warek II, Dr Kartimi M.Pd, Kepala Biro AUAK, Direktur Pasca Sarjana IAIN Cirebon, Dekan FUAD IAIN Cirebon dan sejumlah pejabat lainnya, juga para staff dan dosen. 

Ketua LP2M IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Ahmad Yani MAg dalam sambutannya mengatakan, Program Ramadhan Menyapa On The Spot ini  rutin dijalankan LP2M IAIN Syekh Nurjati Cirebon setiap tahunnya. Bahkan, kegiatan tersebut telah dilaksanakan sejak tahun 2009 lalu dan pada tahun 2021 ini telah menginjak tahun ke 12.

"Sepanjang 12 kali kegiatan yang dilaksanakan tersebut, pihaknya telah membagikan 700 paket bukber, yaitu nasi kotak dan takjil, dan 200 paket sembako," papar Kang Yani.

Menurut Kang Yani, selama bulan Ramadhan ini, ada 12 spot yang menjadi tempat kegiatan, seperti di sejumlah masjid serta di perempatan jalan.

Kang Yani juga menjelaskan, penutupan kegiatan ini dilaksanakan secara terbatas. Hal itu dilakukan karena saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19.

“Penutupan ini sengaja dilaksanakan di kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Karena kita dari kampus, turun ke masyarakat, dan sekarang kembali ke kampus,” kata Kang Yani.

Pada setiap pelaksanaan Program Ramadhan Menyapa On The Spot pihaknya selalu memuat 3 poin, yaitu dakwah, edukasi, dan solidaritas. 

Dakwah yang dimaksud kata Kang Yani,  untuk menyampaikan pesan tentang keagamaan. Kalau edukasi yaitu terkait pemberian informasi terkait Covid-19, baik pencegahan maupun pelaksanaan Prokes dengan selalu membiasakan hidup bersih. Sedangkan solidaritas kegiatannya kita berbagi dengan membawa paket menu berbuka dan paket sembako untuk dibagikan kepada masyarakat.

Sasaran kegiatan ini, kata Kang Yani yaitu yatim piatu, jompo, marbot masjid, santri, ojek online, korban PHK, abang becak, dan para anak jalanan. Dengan tujuan untuk meningkatkan kepedulian IAIN Syekh Nurjati Cirebon terhadap masyarakat di sekitar kampus khususnya dan Cirebon pada umumnya.

Program ini sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat di sekitar kampus, terlebih di tengah situasi pandemi Covid-19. Mengingat pula IAIN Cirebon berada di wilayah Kelurahan Karya Mulya sebagai terpadat kedua di Kota Cirebon setelah Kelurahan Larangan, dengan jumlah warga 17 ribuan.

"Sehingga dengan hadirnya kegiatan ini paling tidak dapat mewakili IAIN dalam bentuk kepedulian kepada masyarakat," tutup Kang Yani dalam sambutanya.

Sementara itu, Wakil Rektor II IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr Kartimi MPd mengatakan, mewakili atas nama pimpinan, pihaknya sangat mengapresiasi LP2M kampus setempat yang telah melaksanakan program Ramadhan Menyapa On The Spot di bulan suci ini.

“Atas kegiatan ini tentu kami mengapresiasi setinggi-tingginya. Ini adalah salah satu kegiatan LP2M IAIN Syekh Nurjati Cirebon untuk menggalang solidaritas masyarakat, khususnya di wilayah Cirebon pada program IAIN Syekh Nurjati Peduli," tandas Kartimi. (din)

Terkini