LP2M IAIN Cirebon Gelar Ramadhan Menyapa On The Spot Bersama Santri Ponpes Darul Muttaqin

Ketua LP2M IAIN SNJ Cirebon bersama Pengurus dan Pengasuh Ponpes Darul Muttaqin Kayu Walang, Karya Mulia, Kesambi Cirebon, dalam kegiatan Ramadhan Menyapa On The Spot.


CIREBON, FC - LP2M IAIN Syekh Nurjati (SNJ) Cirebon kembali menggelar kegiatan Ramadhan Menyapa On The Spot. Pada edisi ke 8 ini dilaksanakan di Pesantren Darul Muttaqin Kayu Walang Karya Mulia Kesambi Cirebon, Senin, (3/4/2021).

Ketua LP2M IAIN SNJ, Dr. H. Ahmad Yani, M.Ag dalam sambutannya menyampaikan, jika kegiatan ini sudah berlangsung selama 12 tahun, dengan mengedepankan tagline Dakwah, Edukasi, Solidarity, sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat perguruan tinggi untuk berbagi dan memberikan edukasi kepada masyarakat. 

Ketua LP2M IAIN SNJ Cirebon juga menyampaikan terkait perubahan status IAIN SNJ menjadi UIN SNJ, untuk itu dirinya berharap dukungan masyarakat dan bisa berkolaborasi bersama. 

Selanjutnya tausyiah disampaikan oleh Dr. Anwar Sanusi, M.Ag dengan tema "Puasa dan Peningkatan Kualitas Diri". Dalam pemaparanya dijelaskan bahwa tujuan puasa yang akan dicapai adalah tergantung program program yang disusun dan kita rencanakan untuk mencapai puncak ketaqwaan sebagai sebuah kehendak yang ditetapkan oleh Allah dalam Al Quran, salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan dzikir (membaca ayat kauniyah dan qauliyah). 

"Sebagaimana nama lain Al Quran, maka bacalah, pelajarilah, kajilah, maknailah, dan terapkan lah isi al Quran dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Dr. Anwar Sanusi, M.Ag juga menyampaikan apa yang dilakukan oleh LP2M IAIN Syekh Nurjati merupakan bentuk dari praktik pengamalan terhadap Al Quran. 

Sementara itu, pada kegiatan ini terlihat antusiasme jamaah yang sangat luar biasa. Hal itu dapat dilihat dari beberapa dialog yang terjadi antara Narasumber dan Jamaah, sehingga dapat menghangatkan susasana. 

Diakhir acara, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian sembako bagi beberapa dhuafa yang ada di sekitar Pesantren, donasi sembako diberikan kepada beberapa Lansia dan Anak Yatim. 

Hadir dalam kegiatan ini Kabiro AUK IAIN SNJ Bapak Drs. Subarja, M.Pd, Sekretaris LP2M IAIN SNJ, Kapus Pengabdian Kepada Masyarakat, Pengurus Dewan Pendidikan Kota Cirebon, dan Sahabat-Sahabat PMII Kota Cirebon serta beberapa Santri Pesantren Darul Muttaqin. (din)

Terkini