Fifi Novianty, Alumni IAIN Cirebon Lulus S2 Tercepat dan Terbaik di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

AYAH dari Fifi Novianty, Agus Wahid saat berpidato dalam acara pelepasan calon wisuda Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta via zoom, Selasa (15/6/2021). Dan sertifikat Fifi Novianty sebagai lulusan S2 terbaik, tercepat dan tertinggi di kampus setempat. (Foto: Istimewa)


FOKUS CIREBON,  FC - Gadis cantik asal kelahiran Cirebon ini menjadi bintang berkilau di kampus ternama di kota pelajar, jawa tengah. Betapa tidak, mahasiswi S2 ini lulus tercepat dan terbaik di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 

Fifi Novianty juga meluncurkan buku, dan yang paling membahagiakan sekaligus terharu bahagia adalah ketika melihat dan mendengarkan orang tua saat membacakan pidato di acara pelepasan wisuda. Ini momen yang sangat baik dan langka di acara sakral wisuda. 

Fifi dengan setelan kemeja batik berwana coklat, Agus Wahid membacakan pidato. Matanya berkaca-kaca. Rasa haru dan bangga tersirat dari bapak berumur 49 tahun ini.

Pagi buta di hari Selasa (15/6/2021) sekitar pukul 4.45 WIB, 3 jam sebelum berpidato, Agus sudah menyiapkan segala keperluannya.

Hari itu, ia akan tampil untuk memberikan sambutan dalam acara pelepasan calon wisuda Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Dipilihnya bapak 4 anak asal Arjawinangun Cirebon ini untuk memberikan sambutan bukan tanpa alasan. Karena, anak pertamanya yang bernama Fifi Novianty berhasil menjadi lulusan tercepat, terbaik, dan tertinggi dengan IPK 3,89 pada program magister di kampus setempat. Prestasi ini tentu menjadi sebuah kebanggaan bagi keluarga.

“Alhamdulilah, anak saya yang bernama Fifi Novianty, dari Program Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi mendapatkan predikat lulusan tercepat dan terbaik pada program magister,” ucapannya.

Tak banyak yang disampaikan Agus, tapi banyak makna yang dapat dirasakan. Perjuangan membesarkan putrinya, kini diganjar sebuah kebanggaan. Prestasi yang tidak mudah dicapai jika tidak lahir orang tua yang hebat.

Perhatian dan nasehat yang selalu diberikan kepada anaknya, telah membentuk Fifi menjadi pribadi yang tangguh, semangat, dan terus berjuang untuk mengejar impian. Hingga sampai di posisi ini tidak mudah. Butuh perjuangan yang panjang dan penuh pengorbanan yang telah dilalui Fifi.

“Kesempatan yang sungguh membahagiakan pada siang hari ini. Selaku orang tua calon wisudawan atau wisudawati menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak dan ibu dosen, juga seluruh sivitas akademika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang telah mencurahkan ilmu dan pengetahuannya kepada anak-anak kami,” tutur Agus.

Seperti diketahui, Fifi Novianty merupakan alumni dari jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Setelah lulus S1 di kampus keagamaan Islam negeri satu-satunya wilayah III Cirebon itu, Fifi melanjutkan S2 dengan jurusan yang sama di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Saat S1, Fifi berhasil lulus hanya dalam waktu 3,5 tahun dan menyabet predikat cumlaude. Tak berhenti sampai di situ, gadis dengan berbagai macam prestasi ini pun lulus S2 dengan predikat tercepat, terbaik, dan tertinggi dengan IPK 3,89 di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam waktu singkat, hanya 1,5 tahun.

“Perjalanan kuliah S1 dan S2 itu saya buat buku. Ini sebagai bentuk rasa syukur saya atas segala nikmat yang telah Allah SWT berikan. Sengaja saya tulis untuk sharing dan semoga bisa membantu teman-teman agar bisa lulus kuliah cepat dengan nilai yang bagus,” jelasnya.

Buku berjudul “Kupas Tuntas Kuliah Cepat Berkualitas” yang ditulis berdasarkan pengalaman Fifi sendiri itu diluncurkan di hari pelepasan wisuda dirinya. Bahkan, dalam buku itu juga dibahas terkait kendala dan tips agar dapat dengan mudah dipahami pembaca. 

“Di buku itu saya juga membahas rujukan jurnal nasional terakreditasi dan jurnal scopus untuk referensi penelitian,” terangnya.

BUKU berjudul “Kupas Tuntas Kuliah Cepat Berkualitas” yang ditulis Fifi Novianty diluncurkan di hari wisuda S2-nya.

Saat menempuh pendidikan S2, ungkap Fifi, dirinya pun dipercaya untuk menjadi asisten dosen. Tidak hanya mengajar mata kuliah di sejumlah kampus, bahkan dia juga mengurus jurnal terindeks scopus yang akan dipublish di jurnal luar negeri.

“Hampir setiap hari saya tidur larut malam dan hampir menjelang pagi. Dari mulai mengerjakan tugas kuliah, tugas sebagai asisten dosen, mengerjakan pekerjaan rumah, hingga melakukan penelitian untuk tesis sebagai tugas akhir S2. Perjuangan dan pengorbanan itu saya ceritakan dalam buku saya,” paparnya.

Saat ini, kata Fifi, buku tersebut masih dalam proses editing dan selanjutnya pencetakan. Tidak hanya itu, buku yang dapat menginspirasi tersebut pun tengah dalam proses pendaftaran untuk mendapatkan International Standard Book Number (ISBN).

“Insya Allah tidak lama lagi akan terbit. Nanti silahkan baca, semoga dapat menginspirasi dan bermanfaat untuk teman-teman mahasiswa juga,” tandasnya.

Diharapkan, mahasiswa milenial dapat mengikuti jejak Fifi Novianty yang prosesnya dibahas dalam buku berjudul “Kupas Tuntas Kuliah Cepat Berkualitas”. Buku tersebut dapat dipesan dengan DM langsung melalui instagram @noviafifi21 atau melalui whatsApp dengan nomor 0895334443485.

Buku ini diisi kata sambutan dari Kaprodi S2 KPI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Dr. H. Hamdan Daulay, M.Si., M.A dan Kata Pengantar oleh Dosen Senior dan Pakar Ilmu Komunikasi Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, Dr. Ana Nadhya Abrar, M.E.S., Ph.D.  (din) 




Terkini