Bangun Kebersihan, Mahasiswa KKN-DR IAIN Cirebon Bikin Tong Sampah Masjid


FOKUS CIREBON, FC - Masjid merupakan sarana ibadah bagi umat islam yang kebersihannya harus terjaga dengan baik. Untuk itu, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah (KKN - DR) Desa Kedawung membuat tong sampah dari ember bekas, Jumat (22/7/2021).


Berdasarkan pantauan Fokus Cirebon (FC) di lapangan,  kegiatan tersebut merupakan inisitif dari seluruh anggota kelompok agar ada tambahan wadah untuk kebersihan Masjid dan Balai Desa.

Kegiatan yang mendapat respon positif pihak desa dan pengurus masjid langsung kegiatannya digelar secara bergotong royong oleh mahasiswa KKN DR IAIN Cirebon.

"Ya, ini kegiatan yang sangat baik, kami semua setuju dengan inisiatif tersebut," ujar pengurus masjid setempat, Sarka.

Diakui Sarka, yang juga warga setempat, di Masjid memang sudah ada tong sampah yang besar, namun volume sampah yang ada terkadang masih kurang cukup.

Selain itu, kata Sarka, para mahasiswa ini setidaknya juga ikut memberikan edukasi kepada warga agar tidak membuang sampah sembarangan. 

Ketua Kelompok KKN- DR, Sigit Prayogo menyatakan, pembuatan tong sampah juga dilakukan untuk di balai desa.

"Mudah-mudahan manfaat dari tong sampah yang dibuat oleh mahasiswa KKN DR ini sebagai pengingat bahwa mahasiswa pernah ikut dalam kegiatan di Desa Kedawung," katanya.

Selain di desa, lanjut Sigit, juga pengingat untuk warga Desa Kedawung agar selalu menjaga kebersihan lingkungan desa dan sekitarnya. (din)

Terkini