Kirab Merah Putih dari Balai Kota Cirebon Menuju Persemayaman Bendera Pusaka di Astana Gunung Jati


FOKUS CIREBON- Kirab merah putih digelar dari Balai Kota Cirebon menuju Astana Gunung Jati. Bendera pusaka merah putih disemayamkan di Astana Gunung Jati.

Kirab merah putih berupa iring-iringan kendaraan roda empat dimulai oleh kendaraan yang membawa personil Paskibraka Kota Cirebon. Dilanjutkan dengan kendaraan yang membawa Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, S.H., serta KH. Muh. Musthofa Aqiel Siroj, pimpinan pesantren KHAS Kempek dan disusul oleh kendaraan peserta kirab lainnya. 

Kirab dimulai dari Balai Kota Cirebon menuju Astana Gunung Jati, Sabtu (9/10/2021).

Setiba di Astana Gunung Jati, seorang anggota Paskibraka menyerahkan kotak kayu berisi bendera merah putih yang diterima langsung oleh Patih Kesultanan Kanoman, Pangeran Raja Muhammad Qodiran. Selanjutnya bendera merah putih akan disemayamkan semalam di Astana Gunung Jati dibarengi dengan khataman Al Quran. Esok, Minggu (10/10/2021) akan dibawa kembali ke Balaikota Cirebon.

Sedangkan rombongan kirab yang dipimpin oleh KH. Muh. Musthofa Aqiel Siroj dan Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, S.H., melanjutkan dengan berziarah ke makam Sunan Gunung Jati, Syekh Syarif Hidayatullah. 

Ziarah dan doa dibimbing oleh Pangeran Raja Muhammad Qodiran. Usai berziarah, Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, S.H., menjelaskan kegiatan ini dilakukan untuk mengkirabkan bendera pusaka, merah putih. “Bendera ini menunjukkan nilai-nilai kebangsaan,” tegas Azis.

Kegiatan ini, lanjut Azis digelar dalam rangka memperingati HUT ke-76 TNI dan merupakan ide dari Maulana Al Habib Muhammad Luthfi bin Ali Hasyim bin Yahya atau lebih dikenal dengan nama Habib Luthfi. 

Selain digelar untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan, kirab ini juga dilakukan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT. “Tadi terasa sangat khidmat. Apalagi dilakukan di makam leluhur dan orang  yang pertama memimpim pemerintahan di Cirebon,” tutur Azis.

Esok, Minggu (10/10/2021), bendera merah putih yang sudah disemayamkan semalam di Astana Gunung Jati dan dikhatamkan Al Quran dibawa kembali ke Balai Kota Cirebon.  

Selanjutnya di malam hari digelar tausiah kebangsaan yang menghadirkan langsung Habib Luthfi. 

Tausiah kebangsaan digelar terbatas mengingat pandemi Covid-19 masih berlangsung. Namun masyarakat tetap bisa menyaksikan tausiah secara langsung melalui jaringan televisi lokal dan live streaming melalui kanal Youtube Pemda Kota Cirebon. (din)

Terkini