Delapan PTKIN Hadir di Kampus IAIN Cirebon Bahas KMA Terkait Standar Pelayanan Minimum BLU

CIREBON, FC - Kementerian Keuangan dan Kementerian Agama melakukan finalisasi draf Keputusan Menteri Agama (KMA) terkait standar pelayanan minimum Badan Layanan Umum (BLU) di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PKIN), Sabtu (19/3/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon ini diikuti 8 PTKIN lainnya yang sedang berproses menuju BLU.

Sebanyak 8 PTKIN tersebut yaitu, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, IAIN Salatiga, IAIN Surakarta, IAIN Pekalongan, IAIN Purwokerto, IAIN Batusangkar, IAIN Palopo, dan IAIN Padangsidimpuan.

Seperti diketahui, IAIN Syekh Nurjati Cirebon terus berproses untuk bertransformasi, salah satunya transformasi tata kelola keuangan yang sebelumnya Satuan Kerja Penerimaan Negara Bukan Pajak (Satker PNBP) menjadi BLU.

Wakil Rektor II IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr Kartimi MPd menjelaskan, persiapan IAIN Syekh Nurjati Cirebon menuju BLU tersebut sudah mencapai 90 persen. Dia menargetkan, sebelum memasuki Ramadhan 1443 H ini, sidang terkait layanan di IAIN Syekh Nurjati Cirebon ke BLU dapat dilaksanakan.

“Persiapan (IAIN Syekh Nurjati Cirebon ke BLU) sudah 90 persen,” kata Kartimi saat ditemui di sela-sela kegiatan.

Dia mengungkapkan, proses transformasi IAIN Syekh Nurjati Cirebon dari Satker PNBP ke BLU telah memasuki tahap akhir.

“Kita sudah akan dijadwalkan untuk sidang munaqosah untuk BLU. Tadi disampaikan itu harapannya sebelum Ramadhan atau akhir Maret 2022 ini,” jelas Kartimi.

Untuk itu, lanjut Kartimi, kegiatan yang dilangsungkan di IAIN Syekh Nurjati Cirebon tersebut, yaitu membahas draf KMA tentang Petunjuk Teknis Standar Pelayanan Minimum PTKIN Satker BLU.

“Kegiatan ini adalah finalisasi draf penyusunan KMA-nya. Kalau untuk penyusunan drafnya, itu sudah dilakukan di Jakarta. Ini finalisasinya di sini (IAIN Syekh Nurjati Cirebon),” terangnya.

Bahkan, Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Sumanta Hasyim MAg mengatakan, tahun 2022 ini pihaknya telah memulai menata sejumlah aset yang dimiliki kampus setempat dengan pola BLU.

“Kita punya Guest House bisa disewakan, gedung ICC, fasilitas olahraga, lahan di Cikawung (Indramayu), dan aset lainnya yang dikelola dengan pola BLU. (FC/din)

Terkini