HMJ HTN Gelar Kegiatan Training Center Sekaligus Lounching Kabinet Darah Juang

CIREBON, FC - Suasana Pembukaan Training Center, Launching Kabinet Darah Juang dan Formasi Hukum yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum Tatanegara (HMJ HTN) Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (FSEI) bertempat di Poslab TV IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Dengan mengangkat tema "Aktualisasi Diri Guna Menumbuhkan Organisasi Yang Administratif dan Progresif", diharapkan kegiatan ini memberikan manfaat dan juga membekali pengurus dengan pemahaman administrasi yang lebih baik dalam berorganisasi. 

Ketua Umum HMJ HTN, Fuji Nurrohman mengatakan bahwa acara ini dilaksanakan dalam rangka membekali pemahaman mengenai ke administrasi dan juga soft skill dalam ranah organisasi.

"Kegiatan Training Center sekaligus Launching Kabinet Darah Juang dan Formasi Hukum ini merupakan langkah awal pengenalan organisasi. Pertama, dalam launching Kabinet Darah Juang kita kenalkan dari segi filosofis yang bermakna Darah berarti Pengorbanan, Merah berarti Keberanian, dan Juang yang berarti Perjuangan. Maka ini bisa di simpulkan sebagai pengorbanan yang memerlukan keberanian untuk sebuah perjuangan. Kedua, dalam launching lembaga Formasi (Forum Minat Mahasiswa) kita jadikan sebagai wadah mahasiswa untuk mengembangkan potensi nya terutama dalam bidang intelektual dan hukum. Dalam lembaga Formasi Hukum ini terdapat tiga ruang atau kelas, yaitu : Debat Konstitusi, Pengamat Undang-Undang, dan Seni Olahraga." tutur Fuji selaku ketua HMJ HTN Periode 2022.

Selanjutnya, Ketua Umum Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) FSEI, Denis Julvana Zidan dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini memberikan kesan baik untuk menambah wawasan dalam mengembangkan potensi di bidang intelektual hukum. Maka selaku Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) mendukung agar kegiatan ini agar tetap eksis.

Selain itu, Ketua Jurusan Hukum Tatanegara Asep Saefullah M.H.Si mengatakan dalam sambutannya kegiatan ini penting di laksanakan guna menumbuhkan semangat mahasiswa dalam berorganisasi juga mendukung penuh kegiatan ini berjalan sampai menjadi lembaga besar yang mampu memiliki daya saing. 

Dalam kegiatan Training Center ini, HMJ HTN mengundang dua narasumber yang sangat luar biasa yaitu Rohmawan S.Pd, beliau adalah Koordinator Pusat Senat Mahasiswa PTKIN se Indonesia dan Muhammad Ulyudin, Demisioner Ketua Wilayah FKMTHI Jawa Barat, acara ini di pandu langsung oleh Vivit Rismawati, Sekretaris Umum HMJ HTN selaku moderator. 

Dalam penyampaian materi pertama oleh Muhammad Ulyudin menuturkan bahwa administrasi penting ada dalam organisasi agar kita bisa mengetahui serangkaian aturan dan etika dalam menerapkan tertib administrasi yang sesuai dengan Pedoman Administrasi (PA). 

Materi yang kedua, disampaikan oleh Rohmawan beliau menyampaikan bahwa hal terpenting yang harus di perhatikan dalam organisasi adalah kekeluargaan dan komunikasi, karena organisasi adalah salah satu jalan pengabdian diri kita untuk kebermanfaatan orang sekitar. (FC/rls)

Terkini