IAIN Syekh Nurjati Cirebon Sarjanakan 899 Wisudawan, Ini Pesan Rektor

Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Sumanta, M.Ag saat memberikan dua pesan penting kepada 899 wisudawan di Swiss Bell Hotel, Selasa, (24/5/2022).


FOKUS CIREBON (FC) - Dalam sambutan Wisudawan ke XXIV Tahun Akademik 2021-2022, Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Sumanta, M.Ag menekankan dua pesan penting kepada 899 wisudawan dan wisudawati, Selasa, (24/5/2022).

Kegiatan wisuda dengan tema "Meneguhkan Sarjana Muslim yang Toleran dan Berjiwa Ulil Al-Bab" ini berlangsung khidmat di Ballroom Swiss Bell Hotel, Kota Cirebon dan dibuka melalui Rapat Senat Terbuka IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Sementara dua pesan penting yang disampaikan Rektor Sumanta, pertama  wisudawan dan wisudawati harus unggul dalam keilmuan dan kedua berakhlak mulia.

Unggul dalam keilmuan yang dimaksud, kata Rektor Sumanta, adalah kompetensi yang dimiliki atau jurusan yang diambil harus mampu menunjukkan kompetensi tersebut saat memasuki kontestasi dalam kehidupan masyarakat.

Selain itu, sebagai kampus terkemuka, wisudawan dan wisudawati juga harus mampu memperlihatkan keunggulan dan keahliannya kepada masyarakat. 

"Jadi Unggul Terkemuka dan Berakhlak Mulia itu adalah visi yang dibungkus oleh lembaga (IAIN Cirebon). Maka langkah-langkah ke depan para wisudawan dan wisudawati ini harus bisa memberikan kontribusi nyata, melalui kompetensi yang dimiliki serta akhlakul mulia dan kita harus mampu mengembangkan visi dan misi IAIN di masyarakat," terangnya.

Sumanta juga menjelaskan, dalam mewujudkan hal tersebut, IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengupayakan rekonstruksi paradigma keilmuan yang multidimensional dengan menjadikan agama sebagai basis ilmu pengetahuan.

Tujuannya, IAIN Syekh Nurjati Cirebon mampu mengembangkan bukan sekedar proses pendidikan searah, tetapi proses pendidikan multidimensi yang mampu menyeimbangkan antara akal dan wahyu sehingga mampu mewujudkan pengembangan spiritual, intelektual, dan sosial dari seluruh sivitas akademika IAIN Syekh Nurjati Cirebon. 

Oleh karena itu, transformasi kelembagaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon harus dibarengi dengan semangat pembangunan yang “Unggul Terkemuka dan Berakhlak Mulia“ sebagai tataran aksiologis pendidikan yang mampu mengintegrasikan ajaran yang bersumber dari ayat qauliyah dengan ayat qauniyah secara utuh. 

Sementara itu, pada wisuda ke XXIV tahun akademik 2021-2022, berdasarkan SK Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang dibacakan oleh Wakil Rektor I, Dr H Saefudin Juhri, M.Ag ada sebanyak 899 wisudawan. 

Jumlah 899 yang di wisuda ini, terbagi ke dalam FITK 416 wisudawan, Syari'ah dan Ekonomi Islam 219 wisudawan, Ushuludin, Adab dan Dakwah 182 wisudawan, Pasca Sarjana 77 wisudawan dan Doktor 5 wisudawan.

Kemudian acara dilanjut dengan pembacaan SK Rektor terakait 4 wisudawan terbaik tahun akademik 2021-2022 oleh Dr H Ilman Nafi'a, Wakil Rektor III, ke empat wisudawan terbaik tersebut berasal dari 1 wisudawan dari FITK, 1 wisudawan dari FSEI, 1 wisudawan dari FUAD dan 1 wisudawan Program Magister S2. 

Usai pembacaan SK Rektor, acara dilanjut dengan Ikrar Sarjana, Magister dan Doktor, setelah itu kegiatan ditutup dengan penampilan Paduan Suara Mahasiswa (PSM).  (Udin)

Terkini