LP2M IAIN SNJ Cirebon Gelar Pelatihan Admin Prodi KKN TBM dan KKN GM Tahun 2022

LP2M IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggelar kegiatan Pelatihan dan Sosialisasi KKN Tahun 2022.


FOKUS CIREBON, (FC) - LP2M IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengadakan pelatihan dan sosialisasi KKN tahun 2022 bagi staf jurusan. Pelatihan ini dilaksanakan dalam rangka memberikan materi terkait administrasi kepada peserta, yang secara otomatis menjadi admin KKN di tiap Prodi.

Kegiatan pelatihan ini sesuai agenda LP2M sebagai unit yang bertanggungjawab atas pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan kegiatan dibuka oleh Sekretaris LP2M, Ibu Hj. Ery Khaeriyah, S.Ag, MA dan diikuti oleh 24 peserta, yang terdiri dari tiap-tiap Prodi.

Dalam sambutannya, Hj Ery Khaeriyah menyampaikan salam dari Ketua LP2M Bapak Dr. H. Ahmad Yani, M.Ag yang tidak bisa hadir karena bentrok dengan kegiatan lain. 

“Kami sampaikan ucapan terima kasih kepada para peserta atas kehadiran dan partisipasinya, semoga dengan kegiatan ini Bapak Ibu para admin KKN akan lebih memahami alur dan teknis terkait dengan Pelaksanaan KKN terutama tentang Aplikasi AKMAL SEJATI. Apalagi jumlah data mahasiswa yang akan ikut KKN Tahun 2022 sekitar 3000 mahasiswa," papar Sekretaris LP2M, Jum'at (3/6/2022).

Kegiatan dilanjut dengan pemaparan pemateri pertama yang disampaikan oleh Kapus PkM H. Mahbub Nuryadien, M.Ag, tentang gambaran umum pelaksanaan KKN tahun 2022. 

Sekretaris LP2M juga menjelaskan, bahwa KKN tahun 2022 ini dilaksanakan dibagi menjadi dua bentuk, yakni KKN Tematik Berbasis Masjid (KKN TBM) yang akan diikuti sekitar 2400 mahasiswa, dan KKN Gerakan Masyarakat Mengaji (KKN Gemar Mengaji) yang direncanakan akan diikuti 600 mahasiswa. 

“Dilihat dari jumlah mahasiswa calon peserta KKN ini, jika estimasi setiap kelompok terdiri dari 14-16 mahasiswa maka dibutuhkan sekitar 190 Dosen Pembimbing Lapangan," ujarnya.

Sesuai dengan agenda kegiatan KKN TBM dilaksanakan pada 04 Juli sampai dengan 12 Agustus 2022, sedangkan KKN Gemar Mengaji dilaksanakan 18 Juli – 26 Agustus 2022. Keduanya dilaksanakan selama 40 hari. 

"Yang membedakan antar keduanya adalah pada penentuan kelompok dan tempat, KKN TBM dilaksanakan secara Mandiri atau kelompok dan tempat ditentukan oleh masing-masing. Sedangkan KKN Gemar Mengaji dilaksanakan secara kelompok dan tempat ditentukan oleh LP2M," terangnya.

Materi berikutnya adalah tentang Pengenalan Aplikasi KKN Online AKMAL SEJATI, materi ini disampaikan oleh Sub Koordinator H. Ibnu Sina, M.Si.

Dalam pemaparannya, penggunaan Akmal Sejati ini sudah berjalan tiga tahun. Aplikasi ini sangat membantu sekali, Pelaksanaan KKN menjadi lebih cepat dan efisien waktu, karena proses pendaftaran, proses pelaporan dilakukan secara online. Beliau memaparkan sekaligus simulasi alur dan proses menggunakan Aplikasi tersebut.e

Kemudian terkait dengan tugas dan fungsi admin KKN, menurutnya, admin KKN ini sangat penting, menjadi informan, komunikator, verifikator, dan validator.

Maka admin bertugas untuk menjadi penyambung lidah atau penyampai informasi yang berhubungan dengan data, memverifikasi dan memvalidasi data calon peserta KKN. LP2M menerima data peserta sesuai dengan data yang sudah divalidasi oleh Jurusan. (din)

Terkini