Perpusling dan HMJ HTN IAIN Cirebon Bangun Gerakan Masyarakat Desa Membaca

Mahasiswa HMJ HTN IAIN Cirebon dan Perpusling tengah mengadakan kegiatan membaca buku bagi masyarakat dan anak anak di Desa Dukupuntang, Kabupaten Cirebon, Selasa, (19/6/2022).


FOKUS CIREBON, FC - Antusiasme masyarakat terhadap kegiatan membaca buku yang diadakan oleh Perpustakaan Keliling Banjar Melati hasil berkolaborasi dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ Hukum Tatanegara (HTN), Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (FSEI) IAIN Cirebon begitu tinggi. 

Kegiatan yang diselenggarakan di Desa Dukupuntang, Kabupaten Cirebon, guna menumbuhkan kesadaran minat baca di kalangan masyarakat, terutama anak anak Desa setempat.

Menurut Ketua HMJ HTN IAIN Cirebon, Fuji Nurrohman, bahwa masyarakat dan anak anak sangat antusias dalam kegiatan Perpusling ini. Buku yang dibawanya pun beragam, mulai dari cerpen, novel, majalah, buku panduan, edukasi dan lain sebagainya.

"Sehingga hal ini bisa membuat ketertarikan tersendiri dalam minat baca masyarakat, suasana yang nyaman dan menyenangkan pun sangat mendukung berlangsung nya kegiatan in," paparnya, Selasa, (19/6/2022).

Fuji Nurrohman juga menjelaskan, salah satu tujuan dari terselenggaranya perpustakaan keliling ini adalah untuk mengatasi kondisi minat baca masyarakat Indonesia yang memprihatinkan.

"Dilansir dari data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia hanya 0.001%, artinya, dari 1.000 orang Indonesia hanya 1 orang yang rajin membaca," ujarnya.

Maka dengan adanya kolaborasi dan koordinasi antara perpustakaan Banjar Melati dengan HMJ HTN IAIN Cirebon ini, pihaknya berharap masyarakat sekitar bisa mendukung penuh kegiatan ini agar terus bisa dilakukan secara berkelanjutan dan konsisten. (Red/Vivit)

Terkini