Duta Dari Dua Kelurahan Kecamatan Lemahwungkuk Raih Gelar Jaka dan Rara Kota Cirebon 2022

Wakil Walikota Cirebon, Drs Hj Eti Herawati


CIREBON - Kesuksesannya patut diapresisi, Qinthara Riella, duta Rara Puteri Pariwisata perwakilan Kelurahan Kasepuhan berhasil meraih juara utama. Berpasangan dengan M. Farrel, duta Putera Pariwisata Jaka dari Kelurahan Panjunan. Keduanya sama-sama dari satu Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirobon.

Keduanya berhasil menyisihkan rival lainnya dari perwakilan kelurahan lain. Tercatat finalis adalah 11 pasangan Jaka Rara dari total pendaftaran awal di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon sebanyak 68 peserta. 

Dalam ajang Grand Final di Hotel Luxton Sabtu (2/7) malam hingga dini hari 00.30, sebanyak 11 pasangan dipilih enam pasangan. Enam pasangan diseleksi ketat lima juri profesional menjadi tiga pasang. Dari tiga pasangan terseleksi, dipilih satu pasangan juara utama Jaka dan Rara. 

Materi seleksi seputar pengetahuan tentang kepariwisataan dan ekonomi kreatif. Baik skala lokal, regional, nasional bahkan internasional. Menyampaikan dengan bahasa Indonesia, juga ada yang bahasa Inggris.

Selama acara Grand Final Jaka Rara itu suasana berjalan meriah, semarak dan seru. Para finalis masing-masing membawa sporter dengan yel-yel dan atribut poster lainnya. 

Acara pendukung lainnya menambah suasana acara terasa berkelas nasional dengan tanpa meninggalkan kekhasan budaya Cirebon. Seperti opening dance tarian para Jaka Ratu diiringi lagu Kota Cirebon yang dipopulerkan Diana Sastra. 

Wakil Walikota Cirebon Dra Hj Eti Herawati didampingi Kadisbudpar Agus Sukmanjaya, S.Sos dan Kadis PUTR Dr Irawan Wahyono, M.Pd tampak begitu menikmati acara grand final hingga berakhir dini hari pukul 00.30.

Begitu juga Lurah Kesepuhan Deny Rochman, S.Sos., M.PdI juga hadir bersama undangan SKPD, camat dan lurah lainnya.

Wakil Walikota Cirebon, Dra Hj Eti Herawati menyatakan, Jaka Rara 2022 tidak hanya sebagai duta dalam mempromosikan kebudayaan dan pariwisata. 

Lebih dari itu,  berharap Jaka Rara berkontribusi dan membantu Pemda Kota Cirebon dalam menginformasikan berbagai  program dan potensi dari Kota Cirebon.

Pengumuman terpilihnya Jaka Rara asal Kelurahan Panjunan dan Kasepuhan itu berlangsung dalam Grand Final Jaka Rara 2022, di Hotel Luxton Kota Cirebon, Sabtu (2/7/2022) malam. (den)



Terkini