Peduli Sosial, IKMI Luncurkan Program Pemberdayaan Masyarakat Desa Cikawung

IKMI SE wilayah Cirebon Gelar Kegiatan Peduli Sosial


CIREBON, FC - Ikatan Keluarga Mahasiswa Indramayu (IKMI) Se-wilayah Cirebon mengadakan kegiatan pembukaan IKMI Sosial. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 26 Juli – 01 Agustus 2022 di balai Desa Cikawung, Indramayu dengan mengusung tema Optimalisasi Kepedulian Sosial dan Ilmu Sosial yang Tinggi kepada Sesama Pasca Pandemi.

Acara dibuka secara resmi oleh Dadang selaku staf pemerintah desa, tepatnya pada pukul 09.30 WIB. 

Adapun susunan acara pada kegiatan opening ceremony IKMI Sosial tersebut ialah penyampaian sambutan oleh ketua umum serta sambutan pembukaan oleh staf pemerintahan desa setempat. Serta ada penampilan tari seni topeng oleh Adinda Raisha Liona. 

Selain dihadiri oleh pengurus IKMI kegiatan opening Ceremony IKMI sosial ini di hadiri oleh beberapa pemuka agama, dan hadir pula lima Kepala Dusun yaitu dusun Cikamurang, Cikawung 1, Cikawung 2, Sukasari, dan Dusun Lajem.   

Dadang berharap kegiatan ini bisa menjadi pembelajaran mahasiswa sebagai pengontrol sosial di masyarakatnya. Sehingga keberadaan IKMI Cirebon diaku keberadaannya didalam masyarakat khususnya masyarakat Indramayu.

“Saya acungi jempol karena cukup bagus dan acaranya tertata rapih ada penampilan seni tari sebab itu sebagai upaya pelestarian budaya. Maka dari itu diharapkan kepada para mahasiswa yang tergabung dalam organisasi IKMI teruslah berjuang sebagai mahasiswa, sebagai kontrol sosial di masyarakat-masyarakat dimanapun mereka berada sehingga keberadaannya IKMI Cirebon diakui oleh masyarakat dan bermanfaat untuk masyarakat," katanya. 

Selanjutnya, kata Dadang, silahkan kepada para mahasiswa terus bergerak, berkarya dan erbakti. "Sehingga ada pengakuan dari masyarakat hasil kegiatan ini dan dapat bermanfaat bagi masyarakat desa Cikawung," ujarnya. 

Tidak ketinggalan, kepala desa pun menitipkan pesan dan harapan terhadap mahasiswa mahasiswi IKMI Cirebon.

"Harapan IKMI Sosial ke depan, pertama kalian harus kompak bersama IKMI. Kedepan siapkan kader-kader pemimpin di daerahnya masing-masing dan kalian harus jadi pemimpin bagi diri sendiri. Mudah-mudahan dari kader-kader IKMI ini bisa mencetak calon calon pemimpin. Karena pada dasarnya kelembagaan organisasi mahasiswa ini menciptakan pemimpin-pemimpin masa depan dan semoga kalian sukses dan berhasil di masa depan. Dan ambil alih dan ambil kesempatan dari sini," ujar. 

Ketua Umum IKMI se Wilayah Cirebon, Helmi Fakhrudin, berharap kegiatan ini kali bisa menjadikan kita mengetahui situasi dan kondisi masyarakat masyarakat kita agar nanti ketika kita turun terhadap masyarakat tidak kaget melihat situasi kondisi yang ada disini. 

“Saya berharap kegiatan kali kita sebagai kader daerah Indramayu khususnya bisa mengimplementasikan tri darma perguruan tinggi agar nanti kelak kita ketika turun dimasyarakat bisa membaur terhadap masyarakat sekitar dan tidak kaget melihat perubahan perubahan yang terjadi dimasyarakat kita," ujarnya. (din)

Terkini