Bangun Pendidikan Karakter, Pramuka IAIN Cirebon Bakal gelar Kegiatan ONDGP

CIREBON, FC - Dalam waktu dekat, IAIN Syekh Nurjati Cirebon melalui UKM Pramuka akan mengadakan kegiatan Orientasi Nilai-nilai Dasar Gerakan Pramuka (ONDGP). 

ONDGP ini merupakan sebuah kegiatan yang dikemas dalam bentuk seminar untuk memperkenalkan Pramuka di perguruan tinggi dengan tujuan mempersiapkan diri untuk dapat membina golongan penegak, penggalang, dan siaga. 

Pera, mahasiswa semester V, Jurusan Hukum Keluarga Islam, IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengatakan, selain seminar yang berisi materi mengenai kepramukaan, Orientasi Nilai-Nilai Dasar Gerakan Pramuka (ONDGP) ini mengangkat tema seminar yang berkaitan dengan isu-isu yang sedang marak dibicarakan. 

Selain itu juga banyak nilai positif yang bisa kita ambil dari kegiatan ini, seperti lebih mengenal budaya cirebon, mempererat silaturahmi antar mahasiswa jurusan, dan juga bertemu dengan tokoh nasional.

Menurut Pera, kegiatannya akan dilaksanakan selama 2 hari secara tatap muka (Offline). Yakni pada hari sabtu-minggu pada tanggal 10-11 September 2022, bertempat di gedung IAIN Cirebon Center (ICC). 

"Untuk tingkatannya sendiri pada kegiatan ONDGP ini hanya untuk tingkat mahasiswa IAIN syekh Nurjati Cirebon Terkhususnya untuk mahasiswa mahasiswi baru," ungkap Pera, Selasa (6/9/2022).

Sementara sasaran peserta pada kegiatan ONDGP ini, lanjut Pera adalah para mahasiswa mahasiswi baru IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan untuk mahasiswa dan mahasiswi semester 3 dan 5.

"Tujuan diadakannya kegiatan ONDGP ini adalah sebagai bentuk untuk  memperkenalkan pramuka di perguruan tinggi, selain itu kegiatan ini bertujuan untuk mewadahi mahasiswa/i IAIN  Syekh Nurjati Cirebon agar bisa memahami tentang pendidikan karakter," jelasnya 

Selain itu, di kegiatan ONDGP ini juga untuk mewadahi Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon dalam memahami tentang pentingnya kesiapan mental di era digital melalui Pramuka. 

Sedangkan target dari kegiatan ini yaitu bisa menjadikan mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon agar dapat memahami tentang pendidikan karakter, dan menjadi pelopor bagi masyarakat dan kaum muda. 

"Ya, kami berharap setelah kegiatan ini berlangsung para mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon dapat terus mengembangkan kreativitasnya di bidang pramuka maupun di bidang lainnya. Dan  apa yang didapatkan dari kegiatan ONDGP ini bisa bermanfaat untuk semua orang," tutup Pera, pengurus rencana di bagian staf pemangku adat. (din)

Terkini