Rumah 'Daycare' IAIN Cirebon Resmi Dibuka, Masyarakat Respon Baik

Kepala AUAK, Ir Hj Sunarini, M.Kom saat melounching rumah 'daycare' IAIN Syekh Nurjati Cirebon.


FOKUS CIREBON, FC - IAIN Syekh Nurjati Cirebon melounching Daycare (tempat penitipan anak) hasil gagasan lembaga PSGA yang dinahkodai Dr Naila Farah, M.Ag, Kamis, (13/10/2022), bertempat di belakang gedung M, kampus setempat.

Hadir dalam kegiatan ini, Kabag Umum, H Imron Rosyadi, Kepala Biro AUAK, Ir Hj Sunarini, M.Kom, Kepala Pengembangan Bisnis BLU, Hasyim, SE, M.K, Kepala Daycare, Dr Naila Farah, M.Ag, para dosen, pengasuh Daycare, mahasiswa dan tamu undangan. 

Kegiatan louncing ini diresmikan langsung oleh Kepala AUAK, Ir Hj Sunarini, M.Kom melalui pengguntingan pita rumah Daycare. Setelah itu dilanjutkan dengan peninjauan ruang kerja, ruang bermain, ruang belajar, kamar tidur dan sejumlah ruangan lainnya.

Daycare ini digadang sebagai salah satu BLU yang bertujuan untuk menopang transformasi kelembagaan dari institut ke universitas. Dimana transformasi ini harus ditandai dengan perubahan tata kelola keuangan dari Satuan Kerja (Satker) Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) menjadi Badan Layanan Umum (BLU).

Untuk menopang BLU ini, IAIN Cirebon kini memiliki Pusat Pengembangan Bisnis. Pusat pengembangan bisnis ini, kemudian membuat program dan terobosan-terobosoan bisnis, salah satu di antaranya adalah mendirikan rumah Daycare, yakni tempat penitipan anak yang dibangun dengan sejumlah fasilitas, seperti fasilitas bermain,  fasilitas pendidikan anak dan fasilitas-fasilitas lainnya.

Kepala Daycare IAIN Cirebon, Dr Nasila Farah M.Ag kepada fokus cirebon mengatakan, Day care ini berawal dari visi misi PSGA, yakni ingin membuat atau membikin ruang aman bagi anak dan perempuan. Dari keinginan ini kemudian ada kesepakatan untuk membuat Daycare, rumah penitipan anak ini juga sejalan dengan responsif para orang tua yang membutuhkan keamanan pada anak.

"Walaupun orang tuanya bekerja, tetapi hak-hak anak tidak berkurang, kasih sayang juga terpenuhi dan hak-hak anak juga terpenuhi. Dan ini sesuai dengan misi PSGA yakni ingin anak-anak di lingkungan IAIN Cirebon aman buat mereka," paparnya, Kamis, (13/10/2022).

Naila juga menjelaskan, bahwa kapasitas ruang Daycare IAIN Cirebon mampu menampung sekitar 40 anak. Sedangkan usia anak dari 6 bulan sampai dengan 6 tahun.

Sementara untuk tutor atau pengasuh sesuai rasio jumlah anak. "Satu pengasuh bisa menangani 3 anak dan di Daycare IAIN Cirebon sudah terdapat 16 anak, jumlah tersebut terhitung sejak Agustus hingga Oktober 2022," tuturnya.

Selain itu, kata Naila, jumlah pengasuh atau tutor yang ada berjumlahkan dosen 7 orang, ditambah alumni 5 orang dan dibantu beberapa mahasiswa jurusan PIAUD yang magang. "Jadi dipastikan kami tidak kekurangan pengasuh," ujarnya.

Naila juga menambahkan, bahwa penitipan anak itu mulai dari jam 07.00 pagi hingga pukul 16.00 sore. Jika lewat dari pukul itu akan dikenakan cas sebesar Rp. 20.000/anak.

"Di Daycare ini terdapat fasilitas bermain dan pendidikan anak, sesuai dengan usia anak. Kemudian juga disediakan makan dan snack serta saat anak pulang (dijemput), anak sudah dalam keadaan bersih. Jadi sudah kami atur semuanya, termasuk ada jam tidur juga. Para pengasuh yang ada juga sangat berkompeten dan  memiliki banyak pengetahuan tentang anak di usianya," paparnya. 

Lanjut Naila, di Daycare ini memiliki dua program, yakni program reguler dan program insidental. Untuk yang reguler (untuk orang luar) biaya pertama itu Rp 2.250.000 dan untuk keluarga IAIN biayanya Rp 2.050.000. sementara untuk perbulannya bagi orang luar sebesar Rp 750.000 dan untuk keluarga IAIN dikenakan Rp 650.000. Sedangkan untuk yang insidental itu pendaftarannya Rp 200.000  dan perhari itu Rp. 100.000.

"Harapannya adalah semoga dengan adanya Daycare ini membawa kemajuan bagi lembaga, dan membawa kesejahteraan bagi semua masyarakat kampus. Karena yang diperoleh dari Daycare ini akan kembali kepada masyarakat kampus semuanya," tandasnya.

Sementara itu, Kepala AUAK, Ir Hj Sunarini, M.Kom dalam sambutannya menyatakan, bahwa keberadaan Daycare ini sangat bermanfaat dan kehadirannya sangat menauport terhadap kemandirian kampus.

"IAIN sudah mengoptimalkan apa yang dititipkan kepada kami, termasuk fasilitas dan saya berharap, dengan adanya day care ini bisa memberikan kemudahan baik bagi pihak internal maupun eksternal, sehingga bisa tetap bekerja dengan nyaman," jelasnya.

Kemudian, kata Sunarini, Daycare ini bisa menjadi salah satu media atau sarana bagi mahasiswa dan sebagai bentuk praktek langsung, jadi bisa menjadi sebagai laboratorium. Mahasiswa PIAUD, bisa melakukan praktek langsung.

"Semoga dengan adanya Daycare ini, kebutuhan masyarakat yang ada di sekitar kita bisa terpenuhi dengan baik. Sehingga IAIN bisa memberikan pelayanannya baik internal maupun eksternal lebih baik,"  paparnya. (din)


.

Terkini