Kemenag RI Melalui Panitia Nasional PMB PTKIN Resmi Membuka Pendaftaran Jalur SPAN

CIREBON, FC - Kementerian Agama Republik Indonesia melalui panitia nasional penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) resmi membuka pendaftaran jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) tahun 2023 di Vasa Hotel, Surabaya.

Sebagaimana dikenal jalur prestasi, alur pendaftaran pada jalur ini diawali oleh sekolah, madrasah, dan atau pondok pesantren,  mulai tanggal 13 Januari sampai 13 Februari 2023.

Sementara berikutnya, alur pendaftaran dilanjutkan oleh siswa mulai tanggal 16 Februari hingga 4 Maret 2023. Nantinya, pendaftaran dan pengumuman hasil seleksi akan dilaksanakan secara daring melalui laman https://span.ptkin.ac.id serta tidak dikenakan biaya.

Pagelaran yang dikemas dengan peluncuran SPAN-UM PTKIN tahun 2023 ini, secara simbolik dibuka langsung oleh Gus Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama Republik Indonesia.

Gus Yaqut, sapaan akrab Menag RI, kepada sejumlah Rektor yang hadir berpesan, untuk terus mempromosikan PTKIN secara masif di tengah masyarakat. Hal itu agar minat calon mahasiswa ke depan semakin bertambah.

Selain itu, kata Gus Yaqut, PTKIN itu sebetulnya sungguh menarik. Melalui penguasaan terhadap ilmu agama, mahasiswa relatif lebih mudah dicetak sebagai generasi yang tidak saja ‘pintar’ tetapi juga bijaksana.

“Pemimpin ke depan itu tidak cukup sekedar pintar, tetapi harus bijak,” jelas Gus Menterdi dalam sambutannya, Jum’at, 20 Januari 2023

Wakil Rektor 1  Dr. Saefudin Zuhri, M.Ag mengatakan, IAIN Syekh Nurjati memberikan kesempatan kepada putera-puteri terbaik yang memiliki prestasi akademik melalui jalur SPAN.

“Kuota penerimaan mahasiswa melalui jalur ini sebesar 30% dari jumlah total mahasiswa baru (3.500 mahasiswa). Berbagai pilihan Program Studi S1 bisa diakses oleh siswa/siswi Madrasah Aliyah/SMA/pesantren mua’dalah/sederajat kelas XII. IAIN Syekh Nurjati memiliki berbagai keunggulan, akademik dan non akademik, membekali dengan the best process untuk menghasilkan lulusan yang qualified dan berakhlaqul karimah,” terangnya. (din)

Terkini