Gandeng KPP Pratama Cirebon Satu, Tax Center IAIN Cirebon Adakan Edukasi dan Pelatihan Calon Relawan Pajak 2023

CIREBON, FC - IAIN Syekh Nurjati Cirebon melalui Tax Center mengadakan kegiatan Pelatihan SPT Pribadi, dengan maksud untuk memberikan keterampilan bagi para anggota calon relawan pajak yang terpilih pada tahun 2023. 

Pada kegiatan ini, Tax Center menggandeng Kantor Pelayanan Pajak Pratama Cirebon Satu. Yakni dalam rangka mengedukasi kepada relawan pajak terkait tata cara pelaporan SPT tahunan PPh Orang Pribadi baik melalui e-Filing maupun e-Form.

Kajur Akuntansi Syari'ah dan Ketua Tax Center IAIN Cirebon, Nining Wahyuningsih, S.E., M.M menyatakan, Tax Center setiap tahunnya berganti anggota di kepengurusan tex center. 

Pergantian ini sekaligus sebagai anggota relawan pajak. "Jadi akhir tahun 2022, kita melakukan perekrutan terhadap mahasiswa seluruh IAIN Cirebon, kita memberi kesempatan kepada mereka untuk bergabung di tax center, tentu dengan beberapa persyaratan dan telah melewati tahap-tahap seleksi Oprek (Open Rekruitment), baik tes wawancara, kemudian tes-tes yang mana indikatornya sudah ditentukan dari Direktorat Jenderal Pajak," paparnya.

Pada kegiatan pelatihan ini, jelas Nining Wahyuningsih, terjaring sekitar 30 an mahasiswa calon relawan pajak. "Di awal tahun ini kita dalam rangka supaya relawan pajak itu bisa mendampingi wajib pajak terutama dalam hal pelaporan SPT,  terutama orang pribadi, baik di lingkungan IAIN Cirebon maupun wajib pajak dari lingkungan luar. Kita para relawan siap untuk melayani wajib pajak dalam pelaporan SPT orang pribadi, dan pada tahap berikutnya, adalah wajib pajak badan," jelasnya. 

Ning juga menyatakan, bahwa pihaknya juga pernah melakukan pendampingan pajak di luar, seperti di mall-mall, seperti CSB atau di Grage Mall, dan kita juga bisa mendampingi juga KPP di beberapa instansi pemerintahan yang ada di Cirebon. "Di sini kita melakukan pendampingan dan sosialisasi kepada wajib pajak SPT Online," ucapnya. 

Demikian juga kata Nining, di awal tahun ini, kepengurusan Tex Center juga sudah melakukan rapat tentang proses persiapan, agar calon relawan pajak sudah mampu melayani wajib pajak dengan memberikan pelayanan yang terbaik. 

"Harapan kita adalah memberikan pelayanan yang maksimal, ini dengan kita dilatih oleh narasumber kita yang sudah berpengalaman yaitu oleh tim penyuluh KPP Cirebon Satu," tandasnya. (din)

Terkini