Tingkatkan Kompetensi Dalam Bekerja, IAIN Cirebon Gelar Kegiatan Self Assessment Tenaga Kependidikan

Kegiatan Self Assessment Tenaga Kependidikan di Lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon 


CIREBON, FC - Menuju Universitas, IAIN Syekh Nurjati terus berbenah di segala bidang. Demikian juga halnya pada bidang peningkatan SDM, bidang ini pun digenjotnya melalui kegiatan Self Assessment Tenaga Kependidikan, Senin, (30/1/2023) yang dilaksanakan di Gedung Cyber (PJJ) IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kompetensi teknis dalam bekerja. Pegawai perlu diketahui kompetensi dasarnya. 

Menurut Kepala Biro AUAK IAIN Cirebon, Ir. Hj. Sunarini, M. Kom, kegiatan assement bagi tenaga kependidikan ini bertujuan  untuk mengetahui kompetensi masing-masing peserta. Hal itu setelah dengan test yang kita lakukan. 

Kemudian tujuan berikutnya adalah, setelah kita mengetahui kompetensi awal mereka, kita bisa menyiapkan ke dalam beberapa kegiatan, apakah itu Bintek, Diklat ataupun  kursus, atau juga dengan penugasan sesuai  kompetensinya masing-masing. 

Kemudian tujuan lainnya, lembaga menjadi lebih adil pada posisi mereka harus memberikan penugasan, atau menempatkan seseorang pada tempat atau petugas yang sesuai dengan kompetensinya.

"Kalau pun itu ada reward atau pun kompensasi dari penugasan, itu kan menjadi lebih adil. Ini adalah tujuan kita," katanya.

Sunarini juga menambahkan, bahwa terkait siapa yang mengikuti kegiatan ini, mereka semua tenaga kependidikan yang ada IAIN Syekh Nurjati Cirebon, baik itu PNS atau pun PPNPN.

"Harapannya ke depan, untuk para peserta mengetahui kompetensinya masing-masing sehingga dia motivasi atau keinginan untuk senantiasa meningkatkan kompetensinya," terangnya.

Sehingga nanti bisa terukur dengan sendirinya, bahkan bisa menyadarinya ketika di bawah rata-rata, sehingga ini akan memotivasinya.

"Jadi dengan menyadari kekurangannya,  minimal mereka harus naik, paling tidak bisa sampai kepada nilai rata-rata, dan untuk lembaga saya pikir dengan posisi naik kompetensinya, otomatis lembaga akan diuntungkan dengan kualitas SDM yang lebih baik," tandasnya. (din)

Terkini