Pembukaan PMB PTKIN 2023 Tawarkan Dua Jenis Seleksi, SPAN PTKIN dan UM-PTKIN

CIREBON, FC - Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) secara resmi membuka penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2023. Proses seleksi akan berlangsung pada dua jenis seleksi, yaitu Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN-PTKIN) dan Ujian Masuk (UM-PTKIN).

SPAN-PTKIN adalah seleksi nasional calon mahasiswa baru PTKIN berdasarkan prestasi akademik. Peserta SPAN PTKIN adalah siswa sekolah/madrasah/pontren yang akan lulus  pada tahun 2023. 

Tahapan SPAN diawali dengan pendaftaran sekolah/madrasah/pondok pesantren pada tanggal 17 Januari – 13 Februari 2023, dan dilanjutkan dengan pendaftaran siswa pada tanggal 16 Februari – 4 Maret 2023. Adapun hasil seleksi akan diumumkan pada  3 April 2023. 

Seluruh proses pendaftaran dan pengumuman dilakukan secara online melalui laman https://span.ptkin.ac.id dan tidak dikenakan biaya.

Sedangkan UM-PTKIN adalah seleksi calon mahasiswa baru PTKIN melalui tes yang dilaksanakan di PTKIN yang dipilih. Peserta UMPTKIN adalah siswa lulusan tahun 2021, 2022, dan 2023, dan untuk pendaftaran UMPTKIN dikenakan biaya.

Bagi masyarakat Ciayumajakuning dan sekitarnya, jika tertarik masuk PTKIN, tak ada salahnya mendaftar di IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Kampus ini menawarkan 31 program studi (prodi) sarjana (S1), 4 prodi magister (S2) dan 2 prodi doktor (S3). 

Sebanyak 31 prodi sarjana terbagi ke dalam 5 fakultas. Yakni Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) pilihan prodinya adalah Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Tadris Bahasa Inggris, Tadris llmu Pengetahuan Sosial Tadris Matematika, Tadris Biologi, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Islam Anak Usia Dini  Manajemn Pendidikan Islam, Tadris Bahasa Indonesia, Tadris Kimia, Pendidikan Profesi Guru (PPG) dan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pendidikan Agama Islam (PAI).

Kemudian Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) pilihan prodinya antara lain Perbankan Syari’ah,  Ekonomi Syari’ah, Akuntansi Syari’ah dan Pariwisata Syari’ah. Lalu ada Fakultas Syariah dengan pilihan prodi Hukum Keluarga, Hukum Ekonomi Syari’ah,  Hukum Tata Negara Islam dan limu Falak. 

Kemudian Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (FDKI) dengan pilihan prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Pengembangan Masyarakat Islam, Bimbingan Konseling Islam dan Sosiologi Agama .

Sedangkan Fakultas Ushuluddin dan Adab  (FUA) tersedia prodi Sejarah Peradaban Islam, Aqidah dan Filsafat Islam, Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Ilmu Hadits, Bahasa dan Sastra Arab serta Tasawuf dan Psikoterapi.

Sedangkan di jenjang magister tersedia pilihan prodi Magister Manajemen Pendidikan Islam, Magister Pendidikan Agama Islam, Magister Hukum Keluarga Islam dan Magister Pengembangan Masyarakat Islam.

Nah, khususnya untuk jenjang doktor, IAIN Cirebon baru punya dua prodi unggulan yakni prodi Doktor Pendidikan Agama Islam dan Doktor Hukum Keluarga Islam. (din)

Terkini