Forum Humas PTKIN Siap Sinergikan Seluruh Potensi Kehumasan PTKIN Se-Indonesia dan Melakukan Orkestrasi

Ketua Forum Humas PTKIN, Hayatul Islam - Koordinator Humas UIN Raden Raden Intan Lampung, bersama delegasi Humas PTKIN lainnya di acara sosialisasi SPAN-UM PTKIN 2023 Samarinda, Kalimantan Timur.


SAMARINDA, FC - Di penghujung kegiatan sosialisasi SPAN-UM PTKIN se-Indonesia di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Ketua Forum Humas PTKIN, Hayatul Islam (Koordinator Humas UIN Raden Raden Intan Lampung) menyatakan, bahwa Forum Humas siap bersinergi dan melakukan Orkestrasi, Jum'at, (3/2/2023). 

Namun kata Hayatul Islam, dalam menjalankan tugas tersebut tidak bisa sendiri dan tetap harus dipantau oleh  seluruh humas PTKIN dari berbagai penjuru Indonesia. 

"Saya yakin jika kita semua sudah bisa bersinergi maka Forum Humas ini bisa berjalan dengan baik," katanya.

Hayatul Islam menjelaskan, program yang akan dilakukan adalah mensinergikan seluruh potensi kehumasan yang ada ini PTKIN Se- Indonesia dan melakukan Orkestrasi yakni mengawal isu-isu pendidikan, isu-isu keagamaan, juga isu-isu lainnya. 

Oleh karena, katanya, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan konsolidasi dengan memetakan seluruh potensi yang ada di PTKIN. 

Hayatul Islam juga menjelaskan, bahwa  target yang paling dekat ini adalah bagaimana kita mensukseskan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru dari jalur SPAN dan UM PTKIN.

Kemudian, bagaimana pemberitaan maupun publikasi tentang penerimaan mahasiswa baru di PTKIN ini bisa berjalan dengan masif sehingga masyarakat bisa menerima informasinya dengan baik dan benar. Sekaligus juga bagaimana bisa menarik minat calon mahasiswa untuk berkuliah di PTKIN. 

Hayatul Islam menegaskan, upaya pihaknya ini untuk menjadikan Humas sebagai etalase dari PTKIN, dan jika diibaratkan sebagai sebuah Mall yang besar maka Forum Humas ini adalah Mall, maka masing-masing Humas di PTKIN itu adalah toko toko yang ada di dalam Mall tersebut.

"Nah tugas Forum Humas adalah bagaimana membranding Mall ini sehingga tertarik untuk datang dan melihat toko-toko PTKIN yang ada di dalamnya, melihat etalase PTKIN yang ada di dalamnya. Oleh karena itu Forum Humas tentunya akan terus melakukan upaya-upaya peningkatan kualitas dan mutu dari Humas-Humas PTKIN yang ada di seluruh Indonesia dengan melakukan bimbingan-bimbingan teknis, upgrading-upgrading dan lain sebagainya, sehingga humas bisa menampilkan wajah PTKIN nya masing-masing sesuai dengan distingsi, sesuai dengan pengunggulan dari masing-masing PTKIN.

"Kami akan terus berkolaborasi dan selalu mengingatkan bahwa tidak ada persaingan antar PTKIN. Musuh kita adalah kebodohan, bagaimana kita memerangi kebodohan. Itu dengan masing-masing Humas PTKIN menciptakan branding atau Image dan citra kampusnya," ungkapnya.

Hayatul Islam juga menegaskan bahwa PTKIN satu dengan PTKIN se-Indonesia tidak harus saling bersaing.

"Tantangan kita sekarang ini adalah masifnya perkembangan era teknologi, sehingga humas tidak boleh ketinggalan dari canggihnya teknologi tersebut, maka Humas harus bisa terus mengikuti perkembangan teknologi dan bisa menguasainya. Sehingga perkembangan-perkembangan yang terjadi di dunia teknologi, bisa diikuti oleh seluruh Humas PTKIN. 

Demikian juga Humas sangat perlu untuk bersinergi dengan media massa di luar kampusnya. Dan yang terpenting adalah bagaimana Humas mampu menyebar luaskan informasi-informasi yang baik dari kampus masing-masing.

Sementara itu, Kepala Biro Humas Data dan Informasi (HDI) Kementerian Agama RI, Ahmad Fauzin, mengapresiasi kehadiran forum humas ini, pihaknya berharap Forum Humas PTKIN ini bisa menjadi motor peningkatan kualitas informasi yang ada di PTKIN. (din)

Terkini