IAIN Cirebon Jalin Kerjasama Tridarma Perguruan Tinggi dengan Universitas Internasional Madinah Masih Malaysia

Kegiatan kerjasana antara IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan Universitas Internasional Madinah Malaysia di bidang Tridarma Perguruan Tinggi.


FOKUS CIREBON, FC - IAIN Syekh Nurjati Cirebon bersama Universitas Internasional Madinah Malaysia melakukan kerjasama di bidang Tridarma Perguruan Tinggi, yakni di bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Hal itu disampaikan langsung oleh Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Prof Dr H Aan Jaelani M.Ag sesuai melakukan penandatangan MoU kerjasama dari dua Perguruan Tinggi ini, Kamis, 13 April 2023.  

Rektor Aan menyatakan, bahwa kedua Perguruan Tinggi sudah melakukan kerjasama dan berharap kita dapat berkunjung ke Universitas Intenasional Madinah Malaysia. Demikian juga sebaliknya,  mereka pun bisa bersilaturahmi ke Indonesia, khususnya ke IAIN Syekh Nurjati Cirebon untuk merealisasikan kerjasama Tridarma Pendidikan tinggi, di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. 

Harapannya, kata Prof Aan, berbagai program yang dikerjasamakan dapat meningkatkan mutu akademik dan kualitas pendidikan perguruan tinggi, baik di IAIN Syekh Nurjati Cirebon maupun Universitas Internasional Madinah Malaysia.

"Kerjasama ini untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan, ini harapan dari kerjasama yang kita bangun di dua perguruan tinggi ini," kata Prof Aan.

Hal yang sama disampaikan Rektor Al-Madinah International University, MEDIU, Prof. Dr. Saad Abdullah Al-Arifi, yang  diterjemahkan oleh H. Rijal Mahdi, Lc., MA (Dosen BSA IAIN Cirebon).

Menurut Rijal Mahdi, Rektor Universitas Madinah Malaysia sangat bersyukur dengan kerjasama ini yang dilaksanakan melalui  penandatangan MoU. 

Diterangkan, Rektor Universitas Internasional Madinah Malaysia mengucapkan terimakasih dan setelah penandatanganan, Rektor Malaysia berharap untuk merealisasikan semua bentuk kerjasama ini dalam bentuk program-program yang jelas, seperti  Tridarma Perguruan Tinggi, baik itu penelitian, pendidikan maupun pengabdian kepada masyarakat. 

"Jadi penandatangan ini tidak sekedar hanya selesai di penandatangan MoU tapi lebih pada realisasi. Kemudian yang terakhir pak Rektor juga mengungkapkan ingin mengundang keluarga besar IAIN Syekh Nurjati Cirebon untuk melakukan kunjungan ke Universitas Internasional di Malaysia dan beliau di sana menyampaikan tentang keinginan mereka untuk bisa datang dan berkunjung ke kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon," jelas H Rijal Mahdi, menirukan ucapan yang disampaikan Rektor Universitas Madinah, Malaysia.

Sementara itu, Wakil Rektor 3, Prof Dr Hajam M.Ag menjelaskan, bahwa kerjasama ini merupakan salah satu program IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan Mediu Malaysia dan diakuinya bahwa ini merupakan program Warek 3, di mana Warek 3 memiliki program kerjasama, baik kerjasama perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri. 

"Alhamdulillah seratus hari ini kami cita- citanya ingin satu sampai lima untuk bisa bekerjasama dengan luar negeri dalam rangka memperkuat Tridarma Perguruan tinggi, memperkuat pendidikan, penelitian  dan pengabdian masyarakat. Dan mudah-mudahan kerjasama ini bisa ditindaklanjuti," pintanya. 

Selain itu, kata Prof Hajam, kerjasama tersebut juga untuk menyambut dan melaksanakan amanah dari Kementerian Agama yaitu UISSI.

"Tentunya kami dituntut memperbanyak kerjasama di mana perguruan tinggi nasional dan internasional yang memiliki program Siber, sehingga nanti kita bisa kerjasama dalam bidang penelitian, pengabdian dan pengajaran, begitu juga nanti kerjasama tukar menukar dosen dan tukar menukar mahasiswa," jelas Prof Hajam. (din)

Terkini