Safari Dakwah Nuzulul Qur'an HMJ IQTAF di Masjid Jami' Nurul Mubin Sindanghayu

 

FOKUS CIREBON, FC - Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir (IQTAF) IAIN Syekh Nurjati Cirebon belum lama ini menggelar acara Nuzulul Qur'an yang bekerja sama dengan IRMAS Masjid Jami' Nurul Mubin serta DKM Masjid Jami' Nurul Mubin, Sindanghayu, pada Minggu siang, 09 April 2023.

Melalui tema "Safari Dakwah dengan Mengabdi kepada Masyarakat untuk Meningkatkan Ketakwaan di Bulan Suci Ramadhan" acara dibuka oleh Kepala Desa yang diwakili oleh perangkat desa Sindanghayu.

Hafiz Zaki Attala, selaku Ketua Pelaksana dalam sambutannya berharap agar kegiatan Nuzulul Qur'an ini dapat meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

"Harapan saya dengan mengadakan kegiatan Nuzulul Quran ini supaya kita bisa meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala di bulan suci Ramadan ini," ucapnya. 

Ketua Umum HMJ IQTAF, Fachry Maulana Rivaldi mengatakan bahwa setelah pembukaan akan ada tausiyah dari mahasiswa Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir.

"Dan setelah ini, mungkin setelah pembukaan, acaranya ada tausiyah dari mahasiswa Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, Mohammad Alwi Haddad Maulida," ucapnya.

Ketua IRMAS Masjid Jami' Nurul Mubin, dalam sambutannya yang diwakili oleh pengurus IRMAS mengatakan pentingnya sebagai pemuda untuk mengisi waktu dengan hal-hal yang baik.

"Sebagai pemuda, memang seharusnya harus selalu mengisi waktu dengan hal-hal yang baik yang bisa memberikan Aura positif ke yang lain. Kalau kita tidak bisa memanfaatkan waktu kosong kita maka secara otomatis waktulah yang akan membunuh kita," ucapnya.

Didi Ahdi, selaku Ketua DKM Masjid Jami'Nurul Mubin dalam sambutannya berharap dengan acara ini dapat menjadi dorongan motivasi untuk memakmurkan masjid Jami' Nurul Mubin.

"Mudah-mudahan dengan adanya safari dakwah yang dilaksanakan oleh mahasiswa mahasiswi dari IAIN ini menjadi motivasi bagi kami, karena biasanya kalau ada dorongan motivasi dari luar biasanya lebih cepat bisa terdorong untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang positif atau yang kaitanya dengan memakmurkan Masjid Jami Nurul Mubin," ucapnya.

Kepala Desa, dalam sambutannya yang diwakili oleh perangkat desa berharap supaya acara berjalan dapat lancar dan dibalas dengan pahala oleh Allah SWT.

"Di sini, mudah-mudahan karena ini mungkin kita dari sekarang sampai nanti, dapat berjalan dengan lancar karena sekali lagi kita di tengah ibadah puasa. Apa yang kita lakukan, apa yang kita laksanakan semuanya mudah-mudahan Allah membalas dengan pahala yang berlipat ganda," ucapnya.

Reyazul Jinan Haikal, selaku demisioner Kadiv Kajian dan Keilmuan HMJ IQTAF Periode 2021-2022 menyampaikan selayang pandang mengenai Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir serta HMJ IQTAF.

Dijelaskan, akreditasi jurusan IAT di IAIN ini yaitu B dimana termasuk cepat karena dari beberapa tahun ke belakang terus mengupgrade program jurusan, sehingga jurusan Tafsir di IAIN tersebut secara kualitas maupun kuantitasnya sudah dapat dipertanggungjawabkan.

"Ketika kuliah tidak hanya pagi berangkat ke kampus, sorenya pulang, tapi nanti dibarengi dengan kegiatan-kegiatan organisasi yang gunanya untuk meneguhkan potensi diri. di semua jurusan di IAIN ada satu organisasi yang dibawahi oleh jurusan atau organisasi yang menjadi badan otonom dari jurusan, seperti ini HMJ IQTAF di mana di samping bergerak di dalam organisasi itu sendiri juga membantu jurusan IAT dalam pengembangan jurusan baik akreditasi nya maupun kurikulum nya," tambahnya. (Red/Wild)

Terkini