IAIN Cirebon Miliki Guru Besar di Bidang Ilmu Sosiologi Hukum Islam

Prof Dr H Achmad Kholik, M.Ag menjadi Guru Besar / Profesor di bidang Ilmu Sosiologi Hukum Islam 



FOKUS CIREBON, FC - Satu lagi, guru besar lahir di IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Ia adalah Prof Dr H Achmad Kholik, M.Ag yang sejak 1 April 2023 dinaikan jabatanya menjadi Guru besar / Profesor dalam bidang ilmu Sosiologi Hukum Islam dengan angka kredit sebesar 859,5 kum. 

"Alhamdulilah atas nikmat Allah SWT, saya menjadi Guru Besar di bidang Hukum Islam, secara spesifik sosiologi hukum Islam," ujar Prof Dr H Achmad Kholik, M.Ag. 

Diakuinya, turunnya Surat Keputusan (SK) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia tersebut memang prosesnya agak panjang  itu sejak tahun 2020. Hal ini mungkin sangat teknis karena banyak hal yang tidak tertangani secara serius.

"Baru pada proses ulang kembali pada tahun 2022 dan kemarin alhamdulillah pada April 2023 mendapat SK, semua ini adalah dalam skenario Allah SWT," paparnya.

Dijelaskan, bahwa spesialisasi bidang keilmuan Prof Dr H Achmad Kholik, M.Ag adalah hukum Islam, dan sertifikasi dosen awal sejak tahun 2009 juga adalah hukum Islam, yakni spesifiknya tentang Peradilan Islam.

Kemudian, Disertasi Prof Dr H Achmad Kholik, M.Ag dan penelitian-penelitiannya,  termasuk jurnal-jurnal yang diterbitkannya, baik nasional maupun internasional banyak berbicara tentang metodologi hukum Islam dan terakhir ketika dirinya mengajukan Scopus, tulisan terakhirnya berbicara tentang aspek sosiologi hukum Islam. "Jadi kental lah sosiologi hukum Islam. 

"Jadi itulah kenapa kemudian Kementerian memberikan surat keputusan bidang sosiologi hukum Islam," kata Prof Dr H Achmad Kholik, M.Ag.

Sementara itu, sebagai guru besar di IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Prof Dr H Achmad Kholik M.Ag berkomitmen akan  memberikan pengabdiannya dalam bidang keilmuan, terus tentu saja pengabdian untuk kampus dan tentu saja memberikan in life man kepada teman-teman di kampus. Termasuk juga akan banyak melakukan menulis. 

"Alhamdulillah ketika SK guru besar diperoleh, itu dalam proses sedang menulis buku terakhir saya, masih terkait dengan persoalan sosiologi hukum Islam, dan mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa terbit lagi," tuturnya.

Terkait kampus IAIN Cirebon, Prof Dr H Achmad Kholik, M.Ag menyatakan, sudah saatnya kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon memasuki era baru, memasuki era di mana sain ilmu pengetahuan dan kekuatan IT menjadi prioritas agar kampus kita bisa bersaing secara global

"Jadi saya teringat satu teori dari Jhon Nasbhit bahwa kita harus berfikir besar walau pun tindakan kita lokal, jadi walau kita ada di IAIN Cirebon tapi pikiran-pikiran besarnya harus menjangkau ke seluruh  kawasan-kawasan global.  Ini saya kira salah satu upaya untuk membangun kampus kita untuk menjadi kampus yang kompetitif," tandasnya. (Nurdin)

Terkini