Mahasiswa IAIN Cirebon Terpilih Menjadi Koordinator Chapter Cirebon Raya Bersama Indonesia

FOKUS CIREBON, FC - Kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon, kembali mendulang nama baik atas peran mahasiswanya. Kali ini nama baik tersebut oleh Omar Qad Panity, mahasiswa IAIN Cirebon yang terpilih menjadi Koordinator Chapter Cirebon Raya Bersama Indonesia.

Pada acara ini juga dilangsungkan kegiatan diskusi dan lounching Bersama Indonesia, bertempat di Lattar Cafe, kawasan Stadion Bima, Kota Cirebon, Minggu, (20/8/2023).

Chapter Cirebon Raya dengan tema “Keadilan Antargenerasi: Menuntut Hak Milenial-Gen Z, Kini dan Nanti” yang diselenggarakan Bersama Indonesia.

Dalam acaranya hadir beberapa pembicara seperti Grady Nagara, Co-Founder Bersama Indonesia, Nissa Rengganis, Dosen UMC dan Penulis, Omar Qad Panity, Aktivis Kampus, Francis Widaswara, Tokoh Pemuda Desa. Tak hanya itu, peserta juga hadir dari berbagai kalangan yang terdiri dari elemen pelajar, mahasiswa, dan masyarakat secara umum sekitar 50 orang.

"Sebagai Gen-Z yang lahir di tahun 1997-2012, saat kini kita sedang menjadi dominasi di Indonesia. Dalam konteks lintas generasi, tak hanya zilennial yang berperan penting tetapi juga lintas generasi termasuk milennial dapat membawa perubahan menuntut keadilan sosial." ujar Omar Qad Panity dalam presentasinya dihadapan peserta diskusi yang mayoritas mahasiswa dan pelajar.

Francis Widaswara, pembicara kedua di kegiatan tersebut mengajak anak muda untuk berkontribusi aktif dari mulai hal-hal di sekitaran lingkungan terdekat, seperti di desa. "menuntut hak-hak dan kewajiban kita sebagai generasi muda, tidak perlu jauh-jauh, cukup mulai dari lingkup terdekatnya dulu, yakni dari Desa. 

Banyak kejanggalan yang terjadi di Desa dari segi keuangan maupun lainnya, mari mengkritisi hal itu." kata Francis Widaswara yang juga Alumni Forum Indonesia Muda dan Penggerak Desa penuh semangat.

Sementara itu, penulis dan pegiat literasi Nissa Rengganis mengatakan bahwa generasi muda selalu menjadi aktor bagi sejarah Indonesia. Sejak 1912, 1998, 2019, bahkan saat ini.l, sehingga penting adanya untuk dapat menjadi generasi muda yang melek politik, agar tidak mudah terombang-ambing oleh derasnya arus informasi.

"Seringkali terjadi framing yang hanya mengarah pada aspek pemerintahan, padahal kan anak muda yang ada disana berjuang lebih keras. Banyak isu yang bisa dikawal," katanya.

Pamungkas dari Co-Founder Bersama Indonesia, Grady Nagara, Bersama Indonesia adalah Non Government Organization (NGO) yang memiliki visi merangkul anak muda untuk bergerak bersama demi mewujudkan tujuan negara Indonesia, yaitu, Keadilan Sosial. 

Bersama Indonesia sendiri sudah tersebar di seluruh Indonesia. Bersama Indonesia chapter Cirebon sendiri merupakan chapter ke-22 yang sudah dideklarasikan.

Kegiatan ditutup dengan Pembacaan Deklarasi BersamaIndonesia chapter Cirebon Raya yang dipimpin langsung oleh Omar Qad Panity sebagai Koordinator chapter Cirebon Raya. 

"Semoga kegiatan seperti ini sering digelar supaya menambah wawasan kami sebagai anak muda," ujar Fadlih pelajar, aktif di Forum OSIS Cirebon. 

Selaras dengan Ai pengasuh Majlid Diniyah di Cirebon, bahwa anak-anak muda ini progresif dan semoga walau tak sesama generasi, bisa saling support, sehingga gerakan ini tidak berhenti sampai di sini saja.

"Ya harapannya akan ada aksi-aksi diskusi atau lapangan lainnya yang langsung dikomandoi oleh Omar di Bersama Indonesia Chapter Cirebon Raya, Bersama Indonesia, untuk Keadilan Sosial," jelasnya. 

Terkini