Pengukuhan 11 Guru Besar IAIN Cirebon Dihadiri Direktur Diktis dan Bupati Cirebon

Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Prof DR H Aan Jaelani M.Ag melakukan penyematan pada acara pengukuhan 11 Guru Besar IAIN Cirebon.



FOKUS CIREBON, FC - Sebelas Guru Besar IAIN Syekh Nurjati Cirebon dikukuhkan. Pengukuhan tersebut dihadiri langsung oleh Direktur Diktis Kementerian Agama RI dan Bupati Cirebon. 

Pengukuhan dilangsungkan di ruang Auditorium Pascasarjana IAIN Cirebon, Lantai 3, oleh Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Prof Dr H Aan Jaelani, M.Ag didampingi Direktur SDM Dikti Kemendikbud RI, Rabu, (30/8/2023).

Selain Direktur Diktis Kemenag RI, Direktur SDM Dikti Kemendikbud RI, dan Bupati Cirebon, hadir pada kegiatan ini, Kapolres Cirebon, Kejaksaan Negeri Cirebon, dan pejabat tinggi serta para tamu undangan lainnya.

Ke 11 Guru Besar tersebut di antaranya Prof. Dr. H. Slamet Firdaus, M.Ag (Guru Besar Bidang Ilmu Tafsir), Prof. Dr. H. Sumanta, M.Ag (Guru Besar Bidang Ilmu Tasawuf), Prof. Dr. H. Ilman Nafi'a, M.Ag (Guru Besar Bidang Ilmu Sosiologi Agama), Prof. Dr. H. Farihin, M.Pd (Guru Besar Bidang Ilmu Administrasi Pendidikan), Prof. Dr. H. Achmad, M.A (Guru Besar Bidang Ilmu Sosiologi Hukum Islam), Prof. Dr. H. Suteja, M.Ag (Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Islam), Prof. Dr. Hajam, M.Ag (Guru Besar Bidang Ilmu Tasawuf).

Selanjutnya adalah Prof. H. Didin Nurul Rosidin, Ph.D (Guru Besar Bidang Ilmu Sejarah Peradaban Islam), Prof. Dr. H. Ahmad Asmuni, M.Ag (Guru Besar Bidang Ilmu Filsafat Islam), Prof. Dr. H. Kosim, M.Ag (Guru Besar Bidang Ilmu Fikih), Prof. Dr. Hj. Huriyah, M.Pd (Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris).

Rektor IAIN Cirebon, Prof Dr H Aan Jaelani MAg mengungkapkan, dengan dikukuhkannya 11 guru besar ini akan meningkatkan kualitas pendidikan di IAIN Cirebon. Terlebih IAIN Cirebon ini masih berproses transformasi menjadi Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Indonesia (UINSSI).

"Bertambahnya guru besar ini, selain akan mendongkrak akselerasi kampus menuju UINSSI, juga akan meningkatkan akreditasi jurusan, fakultas, maupun lembaga," terangnya.

Sementara menurut Bupati Cirebon, H Imron MAg yang turut hadir dalam pengukuhan tersebut mengatakan, keilmuan guru besar ini diharapkan dapat diterapkan di masyarakat, sehingga dapat membawa Indonesia dan Kabupaten Cirebon menjadi lebih baik lagi.

“Berdasarkan hasil penelitian kepada 11 guru besar IAIN Cirebon ini, itu sangat bagus-bagus sekali,” kata Bupati Imron kepada wartawan usai menghadiri pengukuhan.

Untuk itu, Bupati Imron menginginkan adanya kerjasama antara Pemkab Cirebon dengan perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Cirebon.

“Ini untuk membangun Kabupaten Cirebon. Sebab saya yakin, di perguruan tinggi banyak orang-orang pintar yang bisa menggali potensi Kabupaten Cirebon,” ujarnya.

Pasalnya, menurut Bupati Imron, untuk membangun suatu daerah perlu keilmuan.
“Maka ilmu yang ada di perguruan tinggi ini mari bekerjasama mengurai potensi-potensi yang ada untuk Kabupaten Cirebon yang berkemajuan,” katanya.


Di momen Dies Natalis Ke-58 ini, Bupati Imron berharap, IAIN Cirebon bisa menjawab tantangan zaman, permasalahan sosial, dan permasalahan masyarakat.

“Ini semoga bisa ditangani dan untuk menanganinya perlu kerja sama antara perguruan tinggi dengan pemerintah daerah,” terangnya. (din)

Terkini