FDKI IAIN Cirebon Hadirkan Prof Dr Phil Sahiron M.Adi Acara Studium General

CIREBON, FC - IAIN Syekh Nurjati Cirebon melalui Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (FDKI) mengadakan kegiatan Studium General dengan tema 'Menalar Hubungan Agama, Pancasila dan Negara Dalam Membangun  Moderais Beragama Di Era Disrupsi Digital', Senin, (4/9/2023), bertempat di Aula FDKI.

Dalam kegiatan ini, panitia menghadirkan Prof. Dr. Phil. Sahiron, MA dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, sebagai narasumber. 

Dekan FDKI, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr Siti Fatimah, M.Hum dalam sambutannya menyampaikan kata terimakasih atas kehadiran pemateri dari Yogyakarta ini pada acara Studium General.

"Kami ucapkan terimakasih kepada beliau, karena kita tahu beliau sangat padat agendanya, selain orang besar di Indonesia, jadwal agenda beliau bukan saja di Indonesia tetapi juga di luar negeri, sehingga ini suatu penghormatan bagi kami beliau bisa hadir sebagai pembicara dan kami sangat bahagia dan gembira," tuturnya.

Untuk itu, Dekan FDKI mengajak seluruh mahasiswa peserta Studium General untuk bisa menyimak seluruh materi dengan baik agar menjadi ilmu pengetahuan dan bermanfaat di kemudian hari.

"Terimakasih kepada narasumber kita, Ia adalah tokoh Indonesia yang padat agendanya, namun ia masih memberi agenda untuk hadir di acara kita," ungkap Dekan FDKI.

Dengan hadirnya pemateri ini, kita akan diberikan pencerahan dan semuanya harus bisa menyimak bersama apa yang akan disampaikan untuk menjadi ilmu dan penambahan pengetahuan kita. 

"Dari ilmu ini mudah mudahan bisa memberi semangat belajar kita, semangat mencari ilmu dan semangat membaca, agar terus bertambah pengetahuan kita semua, " ucapnya.

Sementara itu, pemateri Studium General, Prof Dr Phil Sahiron, M.A, mengupas meteri tentang relasi Islam dan Pancasila. Baik tantangan maupun pandangan Islam terhadap peraturan ya g dibuat oleh manusia.

Kemudian dibahas juga materi tentang moderasi beragama dalam persepektif Al Qur'an dan Sunnah. Baik itu tentang pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, hingga munculnya gerakan-gerakan agama yang radikal negatif.

Prof Dr Phil Sahiron, M.A juga memberikan penjelasan tentang definisi moderasi beragama, baik itu dari cara pandang, sikap, dan perilaku beragama dalam kehidupan bersama dengan cara mengejewantahkan esensi ajaran agama. (din)

Terkini