Mahasiswa Prodi PGMI IAIN Cirebon Raih Emas di PLP Internasional Malaysia

CIREBON, FC – Siti Nurlaela Sari, seorang mahasiswi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon tengah menjadi sorotan atas pencapaiannya yang mengesankan. 

Dari Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Siti Nurlaela Sari berhasil meraih kesempatan emas untuk mengikuti Program Pengalaman Lapangan (PLP) Internasional di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) Malaysia.

Dengan semangat yang tinggi dan tekad yang kuat, Siti Nurlaela Sari memutuskan untuk mengambil langkah besar ini dalam mengejar pendidikan dan pengalaman internasionalnya. PLP Internasional di SIKK Malaysia merupakan sebuah peluang yang sangat langka dan bergengsi bagi mahasiswa perguruan tinggi, khususnya pada Prodi Pendidikan Guru MI/SD di Indonesia.

Dalam wawancara, Siti Nurlaela Sari menyatakan, “Saya sangat bersyukur dan antusias atas kesempatan ini. Ini adalah impian yang menjadi kenyataan bagi saya. Saya berharap dapat memanfaatkan pengalaman ini sebaik mungkin untuk mengembangkan diri dan membawa manfaat bagi pendidikan di Indonesia.”

Sementara itu, Dr. H. Saifudin, M.Ag (Dekan FITK) menyambut baik program PLP Internasional ini. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa program PLP internasional ini sudah dicanangkan dengan matang sebagai upaya untuk menghasilkan lulusan-lulusan terbaik di fakultas yang ia nahkodai. “PLP Internasional menjadi penting untuk diterapkan guna memperluas jaringan internasional dan mengembangkan kualitas intelektual, serta memperkuat skill berinteraksi sosial, teamwork, dan negosiasi mahasiswa,” jelasnya.

Lebih lanjut, Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Prof. Dr. H. Aan Jaelani, M.Ag juga menegaskan pentingnya penguatan rekognisi internasional, di mana mahasiswa perlu mendapatkan akses pada academic experiential opportunity yang berorientasi global. Oleh karenanya, PLP Internasional menjadi sebuah harapan bagi IAIN Syekh Nurjati Cirebon untuk menghasilkan lulusan-lulusan yang terbaik dan berkualitas sehingga dapat menuju World Class University. 

“IAIN Syekh Nurjati terus mendorong civitas akademika dalam program dan kegiatan bertaraf global. Sebab, hal itu menjadi keharusan untuk memperluas wawasan, memperkaya pengalaman budaya, dan meningkatkan kemampuan komunikasi mahasiswa dalam lingkungan internasional,” pungkasnya.

Kesempatan emas yang diraih oleh Siti Nurlaela Sari ini juga menjadi bukti bahwa pendidikan Indonesia memiliki potensi besar dalam bersaing di tingkat global. Semangat dan dedikasi mahasiswa seperti Siti Nurlaela Sari adalah cerminan dari generasi muda yang berkomitmen untuk mengembangkan diri dan memajukan bangsa melalui pendidikan.

Semua mata tertuju pada perjalanan Siti Nurlaela Sari dalam PLP Internasional di SIKK Malaysia, dan harapan besar mengiringi langkahnya. Keberhasilannya adalah inspirasi bagi banyak mahasiswa dan generasi penerus di Indonesia, khususnya di Prodi PGMI, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. (din)

Terkini