Sentuhan Program Desa Sejahtera Astra (DSA), Bikin Pesona Kota Tua Jamblang Makin Diminati Wisatawan

KOTA TUA JAMBLANG : Astra Group dengan program Desa Sejahtera Astra, bikin kota tua Jamblang makin mempesona dan diburu para wisatawan.



CIREBON - Daerah yang berada dihimpitan gunung dan laut, serta hamparan ladang sawah, Kabupaten Cirebon menyimpan berbagai potensi daerah yang unik dan menarik. Salah satunya adalah Desa Jamblang.

Desa Jamblang ini terletak di wilayah administratif kecamatan Jamblang kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat. Desa ini berlokasi di sebelah barat sekitar 10 KM dari pusat kota Cirebon.

Jamblang telah ada semenjak abad ke 12 masehi. Hal ini terbukti dengan beberapa peninggalan sejarah di kawasan ini, salah satunya adalah kota tua dengan ornamen rumah yang unik dan antik.

Desa Jamblang dikenal sebagai kawasan kuliner, salah satunya nasi jamblang yang sudah di kenal dan menjadi identitas tersendiri bagi Kabupaten Cirebon.


Sebagai kawasan kuliner tradisional khas Cirebon, nasi Jamblang, masih tak cukup kuat untuk mengangkat identitas Desa Jamblang yang masih memiliki potensi lain sebagai kota tua. 

Tapi semua menjadi indah akhirnya, setelah hadirnya Astra Group bersama kucuran dana CSR, memoles kota tua Jamblang menjadi kota bermagnet bagi para wisatawan. Oleh Astra Group, Jamblang dikembangkan menjadi wisata berbasis kawasan dengan program Desa Sejahtera Astra (DSA).

Menarik bukan ?, Mari kita dengarkan penuturan Dr Nurul Chamidah, Fasilitator DSA Jamblang, terkait program Desa Sejahtera Astra (DSA) ini. Menurutnya, secara organik, masyarakat dan potensi wisata di Kecamatan Jamblang sangat bisa untuk dikembangkan.

Ada lima desa, kata Dr Nurul Chamidah
 yang tergabung dalam DSA Jamblang, di antaranya Desa Jamblang dengan kota tuanya, Desa Wangunharja dengan pindangnya, Desa Sitiwinangun dengan produk gerabahnya, serta Desa Bakung Lor dan Bakung Kidul dengan produk tapai ketannya.

Namun berkat dorongan Astra, potensi-potensi yang ada kini menonjol dan  wisata berbasis kawasan Jamblang pun  mulai berkembang.

"Alhamdulillah, kita bersyukur karena wisata berbasis kawasan yang ada di Kecamatan Jamblang sudah mulai dikenal," ungkap Nurul.


Menurut Nurul, ide menjadikan Jamblang sebagai kawasan wisata bersama Astra dimulai sejak 2019.  Diawali dengan melakukan sosialisasi kepada stakeholder dan masyarakat.

"Kita ingin bangun mindset mereka, kami bersama Astra gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan stakeholder. Lalu yang kita bangun SDM nya. Anak-anak mudanya kita ajak makan, kemudian kita diskusi terkait pengembangan kawasan wisata Jamblang ini," tuturnya.

Hasilnya pun positif. Pasca pandemi, kawasan wisata Jamblang pun diramaikan dengan beragam kegiatan seperti festival maupun pentas seni sebagai bentuk promosi.

Perjuangan yang tak harus mengenal lelah ini, semata untuk meminimalisir tantangan yang ada. Sebab apatisme masyarakat cukup tinggi. 

"Bahwa saya fokusnya ke manusia, ya apatisme masyarakat. Karena mereka sudah biasa sepi tiba-tiba ramai. Itu belum siap," kata Nurul. 

Kendati demikian, kata Nurul, perjuangan tak perlu lelah, masih terus dikembangkan, kawasan wisata Jamblang sudah menyedot 500 an wisatawan per bulan. Nurul berharap, masyarakat sekitar turut aktif mempercantik lingkungannya agar Jamblang makin ramai dikunjungi. (M.Nurudin)

Terkini