Lembaga Dakwah Mahasiswa IAIN Cirebon Adakan Festival dan Maulid Akbar

FOKUS CIREBON, FC - IAIN Syekh Nurjati Cirebon melalui Lembaga Dakwah Mahasiswa mengadakan Festival dan Maulid Akbar dengan Tema 'Membangun Kreativitas dan Akhlakul Karimah Demi Terciptanya Generasi Emas Muslim Milenial'. Kegiatan tingkat Jawa Barat.ini pun berjalan sukses.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dari  tanggal 16 hingga 30 Oktober 2023 dengan berbagai event yang digelar, di antaranya seminar kemuslimahan, dan  lomba-lomba islami, terakhir ditutup dengan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Bazar.

Ketua panitia, Muhammad Taufik Hidayat menyatakan, kegiatan yang diadakan satu tahun sekali ini, merupakan progam kerja dari Departemen Syair Pelayanan Kampus yang dikolaborasi dengan Departemen  Kemuslimahan dan Ekonomi Keumatan.

"Kegiatan ini bertujuan untuk menyiarkan islam dengan cara mengadakan perlombaan islami dan di akhir acara kita tutup dengan kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW," tuturnya, Rabu, (1/11/2023).

Selain itu, kata Muhammad Taufik Hidayat, kegiatan ini juga untuk meningkatkan skill para pelajar mahasiswa se-Ciayumajakuning.

Sedangkan menurut Pembina UKM  Lembaga Dakwah Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Wahyono M.Pd.I bahwa terselenggaranya kegiatan ini juga sama halnya kita tengah bergorganisasi. Maka ada manfaat yang bisa kita petik dari berorganisasi ini, yakni untuk meningkatkan kecerdasan emosional kita.

"Kita tahu bahwa kecerdasan itu dibagi 3 yaitu Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Emosional (EQ) dan Kecerdasan Spiritual (SQ)," jelasnya. 

Untuk itu selaku pembina, Wahyono M.Pd.I mengajak kepada segenap kaum muslimin untuk meningkatkan sholawat  kepada Kanjeng Nabi Muhammad SAW.

Sementara itu, Wakil Rektor 3 IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Prof Dr H Hajam MAg,  memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Prof Hajam juga ucapan selamat kepada mahasiswa-mahasiswi berprestasi ya.g sudah mengikuti lomba yang dilakukan  secara daring.

"Terimakasih juga ke pada jajaran panitia yang sudah membuat kegiatan ini, dan ini menjadi wadah prestasi bagi kalangan siswa-siswi dan mahasiswa-mahasiswi se-Ciayumajakuning," ucapnya.

Di akhir kegiatan, acara dilangsungkan dengan Maulid Akbar oleh Buya Yahya. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Prof. Dr. KH.Yahya Zainul Ma’arif  LC, M.A, Ph.D.

Kegiatan yang berlangsung di gedung ICC IAIN Syekh Nurjati Cirebon ini mengambil tema 'Meningkatkan Keteladanan Rasulullah Bagi Generasi Muslim Milenial'.

Ada beberapa catatan Tausyiah Buya Yahya dari Maulid Akbar ini, di antaranya  luruskan niat, kemudian apabila melakukan atas dasar cinta maka semua akan sepenuh hati, kemudian jangan mudah marah, karena dia itu saudara mu dan dendam itu cape.

"Maafkan orang yang buat salah sama kita. Memaafkan itu adalah menutup luka, lalu Melepas luka dengan berbuat baik. Mulai saat ini tanamkan pada diri kita maaf, dan itu indah untuk diri kita," papar tausiyah Buya Yahya. (Ara)

Terkini