Wanhat PSIB Kabupaten Cirebon, Mustamid SH MH Kunjungi Suku Dayak Losarang Indramayu

INDRAMAYU, FC - Dewan Penasehat (WANHAT) Pejuang Siliwangi Indonesia Bersatu Kabupaten Cirebon, Mustamid. A.M, S.Pd., S.H., M.H., C.L.A yang juga menjabat sebagai Direktur Lembaga Bantuan Hukum dan HAM Sunan Gunung Djati Indonesia, kunjungi Suku Dayak yang ada di Blok Krimun RT. 13 RW. 03 Desa Krimun, Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Jum'at, 19 Januari 2024.

Kunjungan ini dalam rangka silaturrahmi dengan warga suku dayak. Mustamid didampingi Komandan Provos Drs. Susmito, M.Pd dan anggota lainnya disambut bahagia. Pertemuan tersebut penuh canda tawa dan suasana keakraban seperti keluarga.

”Alhamdulillah kedatangan kami disambut baik oleh ketua suku Dayak bernama Takmad Diningrat yang usianya sudah 80 tahun dengan badan masih kekar, bicaranya penuh semangat berapi-api,” terang Wanhat Mustamid kepada media.

Ketua Suku Dayak Takmad Diningrat menuturkan bahwa dirinya mempunyai keturunan dua anak laki-laki dan 3 anak perempuan. Dan ia pun merasa senang atas kedatangan Pejuang Siliwangi yang dimotori oleh Mustamid.

Lanjut Takmad, dirinya mengaku sangat dekat dengan Presiden Soekarno pada saat itu, dan sebagai pendiri dari kepercayaan Suku Dayak Losarang (Suku Dayak) Hindu Budha Bumi Segandu Indramayu (SDHBBSI) sejak tahun 1970-an sudah berada di Desa Krimun Kecamatan Losarang Kabupaten Indramayu anggotanya berasal dari Subang, Cirebon, Jawa Timur dan daerah lainnya telah menyebar kemana-mana. 

Adapun keyakinannya atau agama tertentu di mana agama tersebut tidak termasuk dalam enam agama yang diakui negara Indonesia yaitu Islam, Kristen, Hindu, Budha, Kong Hucu.

kelompok ini secara formal tidak memiliki identitas legal seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP). Mereka tidak memiliki salah satu agama sebagaimana agama yang diakui oleh negara. 

Namun demikian, hal itu bukan berarti mereka menentang negara dan pemerintah. Mereka masih merasa menjadi bagian dari Negara Indonesia.

Hanya saja, mereka memiliki perspektif lain dalam memandang cara hidup dikaitkan dengan adanya alam dan 

sejatinya dalam menerapkan tatanan kehidupan senantiasa dapat mengaji diri dan memahami makna hidup dan tujuan hidup?

Sementara Mantan Direktur Bidang Kemahasiswaan Akademi Managemen Informatika Komputer Bumi Nusantara Cirebon Mustamid. Dirinya mengaku senang berpetualang nafak tilas jejak para leluhur kita, betapa luasnya negara kita membentang dari sabang sampai maroke dengan beragam adat – istidat budaya, suku dan bahasa.

”Inilah kuasa Allah sang pencipta alam seisinya. Ma`rifatullah mengenal dan mencintai Allah SWT melalui ciptaannya merupakan kewajiban dan tuntutan yang paling utama dalam Islam,” terangnya.


Mustamid juga menambahkan, bahwa dirinya paling gemar menziarahi makam para waliyullah ngalap barokah dimana ia bersinggah menjadi kebiasaanya. 

Ada Pribahasa “Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung tinggi“ memiliki makna intrinsik berisi pesan “Seseorang sudah sepatutnya mengikuti atau menghormati adat istiadat yang berlaku di tempat ia hidup atau tinggal,"  tandasnya. (din)

Terkini