Dua Mahasiswa Gencar YBM PLN IAIN Syekh Nurjati Cirebon Tembus Publikasi Jurnal Internasional Terakreditasi Sinta

CIREBON, FC - Dede Al Mustaqim Mahasiswa Jurusan Hukum Ekonomi Syariah semester 6 dan Alfiyah Makarrim Mahasiswi Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi semester 6 IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Kedua mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa penerima Beasiswa dari Yayasaan Baitul Mal PT. PLN (Persero).

Dede Al Mustaqim dan Alfiyah Makarrim berhasil mempublikasikan jurnal ilmiah bertaraf internasional dengan judul penelitian "YBM PLN's Strategy in Supporting SDGS through ZIS Potential in Maqashid Syariah Perspective" yang diterbitkan oleh International Journal of Islamic Economics (IJIE) IAIN Metro Lampung yang terakreditasi sinta 5.

Tantangan yang dihadapi oleh kami sebagai penulis dalam proses penelitian ini mencakup waktu yang panjang dan proses seleksi naskah yang ketat dari editor jurnal internasional terakreditasi Sinta. Selain itu, penulis juga harus melakukan revisi berkali-kali sesuai dengan arahan editor, yang membutuhkan kesabaran dan ketelitian yang tinggi. 

Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember tahun 2023, kemudian dikirim pada bulan januari tahun 2024, dan diterima serta direvisi oleh editor pada bulan Maret 2024 dan dipublikasikan di bulan maret tahun 2024 juga.

Penulisan ini dilatarbelakangi bahwa penulis ingin mengenalkan ke kancah internasional bahwa ada yayasan yang sangat luar biasa yang bertugas untuk mengelola zakat yaitu yayasan baitul mal PT. PLN. YBM PLN ini sangat bersinergi untuk membantu asnaf zakat di seluruh Indonesia secara berkelanjutan. 

"Dengan menggunakan potensi zakat profesi karyawan ini, YBM PLN terus mendukung pencapaian SGDs terutama pencapaian tanpa kemiskinan dan akses sekolah yang merata dengan memberikan bantuan beasiswa kepada mahasiswa Indonesia," tutumya.

Adapun respon pihak kampus atas publikasi ini sangat baik dan terus mendukung untuk terus berkarya.

Penulis berharap bahwa hasil penelitian ini dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya untuk menuangkan ide gagasanya dalam bentuk karya tulis ilmiah. Kemudian penulis juga berharap bahwa hasil penelitian ini mampu menjadi landasan bagi kebijakan yang lebih efektif dalam pemanfaatan zakat profesi karyawan untuk mendukung pencapaian SDGs di Indonesia. 

"Dengan terus berkarya dan menghasilkan penelitian berkualitas, diharapkan kontribusi mahasiswa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan memberikan solusi bagi permasalahan sosial semakin diapresiasi dan diakui secara luas," pungkasnya. (Ara)

Terkini