IAIN Cirebon Gelar Kajian Ramadhan, Meraih Berkah Ramadhan dengan Mewujudkan Kepedulian dan Tholabul Ilmi

CIREBON, FC - Dharma Wanita Persatuan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon telah menggelar kegiatan kajian Ramadhan yang memikat hati, bertajuk “Meraih Berkah Ramadhan dengan Mewujudkan Kepedulian dan Tholabul Ilmi”. Acara yang berlangsung di aula gedung rektorat lantai 3 ini menghadirkan Prof. Dr. H Farihin, M.Pd., sebagai narasumber.

Dalam sambutannya, Dr. Hj. Nurlaela Suteja, M.Pd., selaku Ketua Pelaksana, menegaskan bahwa kajian ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Dharma Wanita Persatuan, khususnya dalam merayakan Ramadhan. Prof. Dr. H Farihin, M.Pd., Guru Besar dan Ketua Senat IAIN Syekh Nurjati Cirebon, turut hadir untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai tema yang diangkat.

Prof. Dr. H Farihin, M.Pd., memberikan pencerahan dengan menyebutkan empat tipikal wanita yang hidupnya diabadikan dalam Alquran. Dalam uraiannya, beliau menyoroti nilai-nilai dan pelajaran yang dapat dipetik dari kehidupan mereka, termasuk kesabaran, keimanan, dan keteguhan dalam menjalani kehidupan.

Isteri Nabi Nuh, membangkang terhadap dakwah suaminya, lebih menuruti perintah para pembesar kaumnya, akibatnya dia tenggelam bersama kaum yang ingkar ;

Isteri Nabi Luth, ingkar terhadap suaminya, malah membocorkan kedatangan tamu-tamu Nabi Luth, yang berupa para pria tampan penjelmaan malaikat. Kita tahu bahwa kaum Sodom mempunyai perilaku penyimpangan seksual, yaitu guy, laki-laki senang laki-laki, dan mereka berbuat sodomi. 

Kedatangan mereka ingin menjadikan tamu-tamu nabi Luth sebagai pelampiasan syahwat mereka, dan Allah tidak ridho kemudian mereka disiksa dengan dibalikkan buminya dan hancur ;

Asiyah isteri Fir’aun, perempuan beriman kepada Allah di tengah kehidupan yang bergelimang dosa dan kedzoliman. Asiyah tetap pada pendiriannya walaupun berhadapan dengan kekejaman suaminya, meninggal dicambuk sambil dibentangkan tubuhnya di pohon, sebelum ajal menjemputnya Asiyah berdoa ya Allah bangunlah sebuah rumah di surga di sisiMu dan selamatkanlah aku dari kekejaman Fir’un dan kaumnya.

Siti Maryam ibunda Nabi Isa, wanita solehah yang menghadapi perilaku buruk kaumnya dengan tuduhan selingkuh, kemudian Maryam bernazar untuk puasa dengan tidak bicara kepada siapapun dalam waktu tertentu. Tema Keluarga Maslahah dimaknai sebagai keluarga yang sakinah kepada keluarga dan masyarakatnya.

Ketua Dharma Wanita Persatuan IAIN Cirebon, Hj. Khusnul Khotimah Aan Jaelani, S.Ag., menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman anggota Dharma Wanita Persatuan tentang ajaran Islam serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari. 

Ia juga berharap para anggota bisa mengamalkan pengetahuan yang mereka peroleh. ungkap Hj. Khusnul Aan.

Dengan demikian, kajian Ramadhan yang digelar oleh Dharma Wanita Persatuan IAIN Cirebon tidak hanya menjadi ajang untuk memperdalam pemahaman agama, tetapi juga menjadi wadah untuk mengaktualisasikan nilai-nilai kepedulian sosial dalam praktik kehidupan sehari-hari. 

"Semoga kegiatan ini menjadi ladang berkah bagi semua pihak yang terlibat,"  tegas Hj. Khusnul Khotimah Aan Jaelani, S.Ag. (din)

Terkini