Regina Hartati Wakili Kota Cirebon Ikut Acara 'Youth City Changera' yang Digagas APEKSI

BALIKPAPAN, FC - Regina Hertanti, mahasiswi semester 8 Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin Adab UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon, terpilih untuk mewakili Kota Cirebon dalam acara Youth City Changers (YCC) yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI). 

Acara ini diadakan di Hotel Novotel, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur pada tanggal 1-2 Juni 2024.

Menghubungkan Talenta Muda dari Seluruh Indonesia

Acara YCC kali ini mengambil tema “Bursa Ide dan Motivasional” dan merupakan bagian dari rangkaian Rapat Kerja Nasional (Rakernas) APEKSI ke XVII Tahun 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk menjembatani talenta muda dari berbagai wilayah di Indonesia, mendorong kolaborasi dan inovasi di kalangan generasi muda.

Regina Hertanti merasa bangga dan senang bisa mewakili Kota Cirebon dalam acara yang prestisius ini. 

"Alhamdulillah, saya merasa senang dapat menjadi bagian dari YCC 2024, kami berkumpul dengan banyak anak muda dari seluruh Indonesia,” ungkap Regina dengan antusias.

Menyampaikan Program dan Inovasi

Dalam acara tersebut, Regina menyampaikan program dan inovasi yang telah dirancangnya, terutama yang berfokus pada media digital dan kewirausahaan bagi kalangan muda di Kota Cirebon. 

“Kami menyampaikan tentang media digital dan kewirausahaan bagi kalangan muda di Kota Cirebon,” tambah Regina yang sebentar lagi akan menjadi alumni UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon.

Harapan untuk Kolaborasi dan Kontribusi

Regina berharap bahwa acara ini dapat menjadi ajang untuk saling berkolaborasi dengan wilayah lain. “Dalam acara tersebut hadir anak muda yang punya potensi, saya berharap dapat berkontribusi dan berkolaborasi dengan mereka,” ungkapnya. 

Ia melihat YCC sebagai wadah yang ideal untuk mengeluarkan aspirasi dan ide kreatif guna menghasilkan rekomendasi kebijakan bagi pemerintah kota dan mencapai visi Indonesia Emas 2045.

Youth City Changers: Wadah Kolaborasi dan Inovasi

YCC merupakan ajang kolaborasi delegasi kaum muda dari 98 kota di seluruh Indonesia untuk mendukung tercapainya sinergi kaum muda kreatif sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masa depan kota. Acara ini memberikan ruang bagi ide kreatif dan inovatif, serta mendukung sinergi antar kota untuk menciptakan kota yang maju.

Regina menekankan pentingnya peran pemuda sebagai agen perubahan dan penerus bangsa. Harapan Regina adalah para pemuda bisa menjadi agen perubahan dan penerus bangsa, memiliki potensi untuk mengubah wajah peradaban dengan menawarkan visi masa depan daripada masa lalu. 

Mereka menjadi stimulus dalam gerak masa depan sebuah bangsa, memberikan ruang bagi ide kreatif dan inovatif, serta mendukung sinergi antar kota untuk menciptakan kota maju dalam menuju Indonesia emas,” ujarnya penuh harap.

Dengan semangat dan dedikasi yang ditunjukkan oleh Regina dan peserta lainnya, YCC 2024 diharapkan dapat menjadi katalis bagi perubahan positif di berbagai kota di Indonesia, mendukung tercapainya visi Indonesia Emas 2045.

Terkini