Sambut Idul Adha 1445 H, LPH UIN Siber Cirebon Adakan Pelatihan Juru Sembelih Halal

CIREBON, FC - Menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 H, Lembaga Penjaminan Halal UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon mengadakan pelatihan Juru Sembelih Halal khusus ruminansia (Sapi, kambing, kerbau, dll). Pelatihan yang akan digelar dari tanggal 11 – 13 Juni 2024 ini diadakan bekerjasama dengan lembaga pelatihan Halal Institute. 

Halal institute merupakan lembaga pelatihan standar BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) dan berpengalaman dan teruji dalam dunia pelatihan SDM halal.

Link pendaftaran pelatihan Juleha Batch I: https://halalinstitute.id/pelatihan-juru-sembelih-halal-uin-syeh-nurjati-cirebon/

Dalam pelatihan tersebut peserta akan dibekali dengan materi pelatihan berbasis SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) Juru Sembelih Halal No. 147 Tahun 2022 dilengkapi dengan lembar kerja dan studi kasus untuk pendalaman pemahaman materi. 

SKKNI adalah rumusan kemampuan yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang relevan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang ditetapkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Keterampilan dalam penyembelihan hewan ternak secara halal ternyata tidak cukup hanya dengan menyembelih dan memotong dagingnya saja. 

Setidaknya ada 13 kompetensi yang harus dimiliki oleh Juru Sembelih Halal (Juleha) untuk mendapatkan sertifikat profesional sebagai Juleha. Secara garis besar kompetensi tersebut terbagi menjadi dua kategori besar yaitu pengembangan profesionalitas dan pengelolaan penyembelihan.

Bagi umat islam, mengkonsumsi produk yang halal merupakan sebuah kewajiban termasuk mengkonsumsi daging yang halal dengan proses penyembelihan yang sesuai dengan syariat Islam. 

Di masyarakat kita masih banyak ditemukan proses penyembelihan yang secara kasat mata terlihat seperti sudah sesuai dengan syariat Islam, namun setelah dilakukan ujian sesuai standar yang ditetapkan masih banyak yang belum sesuai (dengan syariat Islam).

Betapa pentingnya peran Juru Sembelih Halal (JULEHA) dalam proses penyembelihan, hal ini demi terlaksananya penyembelihan hewan sesuai dengan syariat islam dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku guna menghasilkan daging yang aman, sehat, utuh dan halal (sesuai syariat islam).

Dengan pelatihan Juru Sembelih Halal diharapkan semakin banyak lulusan JULEHA yang kompeten. Pelatihan Juru Sembelih Halal yang dilenggarakan oleh LPH UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon merpakan yang pertama atau batch 1 khusus ruminansia. Jadwal selanjutnya yakni pelatihan JULEHA khusus unggas.

Terkini