Tingkatkan Mutu Dan Kualitas Jurnal, FUAD IAIN SNJ Cirebon Gelar OJS Berbasis Daring


FOKUS CIREBON - Kegiatan pelatihan dasar Open Journal System (OJS) berbasis daring, sebagai dasar keilmuan tentang jurnal, digagas dan digelar Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN SNJ Cirebon, di Ruang Auditorium, lantai IV, Kampus setempat, Senin (13/1/2020).

Dekan FUAD, H.Hajam MAg menyatakan, kenapa pelatihan ini perlu dilakukan, karena untuk peningkatan mutu atau kualitas jurnal yang bisa meningkatkan akreditasi.


"Sekarang kita sudah memiliki sarpras sendiri, sehingga editor dan tim jurnal bisa bekerja. Dulu kita masih menyatu di Kampung Jurnal, yakni di Tarbiyah, tetapi untuk semua jurusan," katanya.

Dr Hajam juga menjelaskan, dari sembilan jurnal, baru lima jurnal di FUAD yang sudah masuk ke dalam portal Science and Technology Indeks (Sinta). Empat di antaranya sudah berada di posisi Sinta 4 dan satu jurnal sudah di posisi Sinta 5.
“Sisa empat jurnal lagi sedang berproses. Harapan kitapun masing-masing jurnal ada peningkatan, misalnya yang tadinya Sinta 4 jadi Sinta 3, yang sudah Sinta 3 jadi Sinta 2. Kalau sudah ada di posisi Sinta 2 atau 1 itu sudah berkualitas tinggi,” ujarnya.
Ia menambahkan, jurnal juga merupakan bukti dari peningkatan pangkat dosen. “Dosen wajib nulis jurnal. Mereka terlebih dahulu harus melakukan penelitian, kemudian di-publish, dan diakses di jurnal agar bisa dibaca siapa saja,” ujar Hajam.
Adapun peserta dari pelatihan ini merupakan dosen, terutama mereka para dosen baru. “Kita harap ada output yang optimal setelah pelatihan ini,” paparnya. (din)

Terkini