Lanal Cirebon Terjunkan Tim Satgas Penanggulangan Ke Lokasi Terdampak Banjir


FOKUS CIREBON - Cuaca hujan dengan intensitas tinggi sejak Jumat sore hingga Sabtu dinihari menyebabkan beberapa sungai di wilayah Kota dan Kabupaten Cirebon meluap seperti di daerah Kalijaga, Kriyan dan Mundu sehingga menyebabkan banjir dibeberapa titik.

Menyikapi situasi tersebut, Komandan Lanal Cirebon Letkol Laut (P) Agung Nugroho, S.E, M.Tr.Hanla memerintahkan Tim Satgas Penanggulangan Banjir Lanal Cirebon yang dipimpin oleh Pjs Pasops untuk mengerahkan personel sebanyak satu regu (15 Personel) dengan dilengkapi satu unit perahu karet, sepuluh  pelampung serta satu unit truk dan satu unit mobil ambulance.

Kemudian tim satgas ini diterjunkan kelokasi banjir di daerah Kalijaga Kramat Kota Cirebon dengan ketinggian air 1- 1,5 meter. 

Selanjutnya, Tim Satgas Banjir Lanal Cirebon melaksanakan proses evakuasi terhadap empat puluh orang warga Kalijaga Kramat ketempat yang lebih aman, Sabtu (8/2).

Lanal Cirebon juga mensiagakan 1 Regu Satgas Banjir yang terdiri dari 12 Personel, satu unit perahu karet, satu kendaraan truk di Mako Lanal Cirebon dalam rangka standby evakuasi warga yang terdampak banjir di Kota dan Kabupaten Cirebon dipimpin langsung oleh Danlanal Cirebon.

Selanjutnya Tim Satgas Banjir Lanal Cirebon bergabung dengan instansi lainnya seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota/Kabupaten Cirebon, Polres Cirebon Kota, Kodim Cirebon Kota dan Kabupaten Cirebon, Ditpolair Jabar/Cirebon untuk melaksanakan evakuasi terhadap warga Desa Suci Mundu Kabupaten Cirebon yang terkena dampak banjir dengan mengevakuasi 40   lansia, 9 balita, 15 perempuan dewasa, dan 7 orang anak-anak.

Untuk mengantisipasi terjadinya banjir susulan, Tim Satgas Banjir Lanal Cirebon dengan kekuatan 30  orang personel, dua unit Perahu Karet, dua unit kendaraan truk, dan satu unit Ambulance distanbykan di Mako Lanal Cirebon yang sewaktu-waktu bisa digerakkan untuk membantu evakuasi warga bila terjadi banjir susulan. (dade)

Terkini