IAIN Cirebon Menerima Bantuan Hewan Qurban 1 Ekor Sapi Dari Bank Syariah Mandiri


FOKUS CIREBON - IAIN Syekh Nurjati Cirebon menjadi salah satu mediator mustahik yang menjadi mitra Mandiri Syariah. PT Bank Syariah Mandiri pun menyakurkan 1 ekor sapi untuk kurban ke kampus ini, Kamis (30/7/2020).

Penyerahan tersebut langsung dilakukan oleh RCEO Mandiri Syariah Region IV Bandung, Mahendra Nusanto di kampus setempat. 

Mahendra Nusanto selaku Region CEO Wilayah IV menyampaikan, bantuan hewan potong qurban termasuk bagian kepedulian Mandiri Syariah terhadap pihak yang terdampak Covid-19.

“Kami bekerjasama dengan IAIN Syekh Nurjati Cirebon untuk disalurkan kepada masyarakat yang berhak ” kata Mahendra Nusanto.

Menurutnya, kegiatan ini dilaksanakan di seluruh kantor wilayah di Indonesia dan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahunnya pada saat merayakan hari raya Idul Adha.

“Penyaluran melalui IAIN Syekh Nurjati merupakan tahun kedua. Secara nasional, Mandiri Syariah bersama nasabah menyalurkan lebih dari 2.000 hewan kurban kepada yang berhak menerima di seluruh pelosok negeri,” tuturnya.

Region IV menyalurkan 20 Sapi dan 14 kambing di antaranya di area Cirebon. Kegiatan melibatkan pegawai dan nasabah dalam menyisihkan sebagian hartanya untuk membeli hewan kurban dan menyalurkannya kepada masyarakat.

“Kegiatan menjelang Idul Adha ini rutin biasa kita lakukan bersama temen-temen. Ini melibatkan pegawai, nasabah,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya menyampaikan terima kasih atas kepercayaan nasabah.

“Kepercayaan ini adalah amanah yang akan terus kami jaga. Berbekal amanah inilah, ke depan Mandiri Syariah akan senantiasa mendorong inovasi dan improvement layanan digital agar kami dapat memberikan solusi atas kebutuhan nasabah," paparnya. 

Sedangkan di hari raya Idul Adha ini, pihaknya memaknai sebagai momen untuk berbagi dan peduli kepada sesama. 

Ia berharap, ke depannya kegiatan ini terus dapat dilaksanakan secara rutin, dan kerjasama dengan mitra dalam hal ini IAIN Syekh Nurjati dapat semakin erat dan lebih baik lagi, sehingga dapat terus memberikan kemaslahatan bagi umat.

Sementara itu, di tempat yang sama, Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, H. Sumanta Hasyim mengungkapkan, pemberian hewan kurban tersebut merupakan hasil kerjasama kampus yang dipimpinnya ini dengan BSM.

“Ini adalah bentuk kerjasama kami dengan BSM yang Insya Allah kami tasyarufkan di lingkungan IAIN (Syekh Nurjati Cirebon) dan masyarakat sekitar,” ujarnya.

Selain itu, kata Sumanta, kerjasama ini juga merupakan tanggung jawab sosial bersama terhadap lingkungan dan masyarakat. Bahkan, hal ini juga merupakan refleksi dari ajaran agama untuk berkurban. Sehingga, semuanya dapat saling bersinergi dan saling membantu antar sesama.

“Bantuan yang disalurkan BSM ini sudah berjalan 2 tahun sekarang. Tahun kemarin 1 sapi, dan sekarang 1 sapi. Setelah dipotong nanti dagingnya akan disalurkan ke mustahiq dan masyarakat di sekitar kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon,” terangnya. (Agus)

Terkini